tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Peninjauan Storyline Video Dokumenter Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem
Saturday May 18th, 2019
0

Dalam tahun 2019, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM berencana membuat sejumlah video dokumenter. Tujuan pembuatan video dokumenter adalah menyebarluaskan hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan oleh DTPB. Di samping itu, video dokumenter ini juga menjadi bahan pembelajaran sebagai menjamin terselenggaranya proses pembelajaran sepanjang hayat (lifelong learning). Lebih jauh manfaat pembuatan video dokumenter ini adalah memperluas jangkauan penyebarluasan ilmu pengetahuan sebagai sarana outward looking bagi DTPB.

Suasana review video dan storyline

Rencana DTPB untuk membuat video dokumenter didukung oleh Pusat Inovasi dan Kinerja Akademik (PIKA) melalui pemberian Insentif Pembuatan Video Dokumenter Pendukung Kanal Pengetahuan dan Menara Ilmu. Enam orang dosen diberikan insentif untuk membuat video dokumenter, yaitu Andri Prima Nugroho, Ph.D., Arifin Dwi Saputro, Ph.D., Dr. Murtiningrum., Dr. Bambang Purwantana, Dr. Rudiati Evi Masithoh, dan Sri Markumningsih, M.Sc.
Untuk meningkatkan kualitas video dokumenter yang akan dibuat pada hari Selasa 14 Mei 2019 dilakukan peninjauan atau review pada storyline yang telah disusun. Sebagai reviewer adalah Teguh Supriyadi yang telah malang melintang dalam pembuatan video dokumenter di beberapa stasiun televisi nasional.
Pada acara review ini, enam storyline video yang telah dibuat ditinjau baik dari sisi teknis produksi maupun materi (content). Kualitas teknis produksi akan ditingkatkan dalam hal angle, pencahayaan, audio, maupun penggunaan peralatan produksi video dan lain-lain. Tim produksi yang diawaki oleh Sdr. Mukhoirotul Khomsah, STP., Duta Ramadhan, STP., dan Kevin Nigel, STP menyimak dan bersemangat untuk menerapkannya. Diskusi dalam review ini berjalan cukup seru dan diakhiri dengan harapan produksi video dokumenter akan berjalan lancar.

Kontributor: Murtiningrum

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.