tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Reportase Visitasi AUN-QA 2017 untuk Program Studi Teknik Pertanian
May 15, 2017
0

Yogyakarta, 3 Mei 2017. Program Studi Teknik Pertanian, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada, menerima visitasi dari Tim Reviewer Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA) yaitu Prof.Ir.Dr.Shahrir Abdullah (University Kebangsaan Malaysia) dan Dr. Nina M Gadiz (University of the Philippines, Los Banos Laguna). Proses visitasi berlangung pada tanggal 2 dan 3 Mei 2017. Setelah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT sejak beberapa tahun lalu, maka perlu bagi Prodi Teknik Pertanian untuk mendapatkan feedback posisi Prodi Teknik Pertanian terhadap Standar AUN-QA yang mengacu ke standar akreditasi Internasional.

Foto bersama dosen TPB dengan asesor

Tujuan AUN-QA antara lain adalah untuk meningkatkan atau menyamakan kualitas standar Universitas di ASEAN, untuk kemudahan proses credit earning atau credit transfer, serta untuk meningkatkan kesadaran mutu. Visitasi ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mengkonfirmasi, melakukan penilaian, dan memberikan masukan untuk perbaikan atas Laporan Evaluasi Diri (Self-Assessment Report) yang telah disusun oleh Prodi Teknik Pertanian terkait praktek penjaminan mutu yang dilakukan.

Foto bersama Alumni TPB dengan asesor
Foto bersama tim taskforce AUN-QA TPB dengan asesor

Visitasi dilakukan dengan melakukan kunjungan ke beberapa unit pendukung akademik, antara lain perpustakaan, laboratorium, serta Unit Manajemen Mutu. Wawancara langsung juga dilakukan kepada Pengelola Prodi dan Tim Task Force penyusun SAR, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, serta alumni dan pengguna lulusan Prodi Teknik Pertanian. Proses ini diikuti dengan konfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan Action for Improvement terhadap hasil SAR.

Kontributor: Dr. Rudiati Evi Masithoh (PIC AUN-QA DTPB UGM)

comments