Kerjasama Pertukaran Dosen dan Mahasiswa S3 TPB UGM dengan University of Natural Resources and Life Sciences, Vienna (BOKU), Austria Melalui Pendanaan ASEA UNINET Skema Research Project and Staff Mobility

9 – 30 September 2024, Vienna – Austria. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (DTPB FTP UGM) kembali melakukan tindak lanjut kerjasama dengan University of Natural Resources and Life Sciences, Vienna (BOKU), Austria. Pada kesempatan berharga ini, DTPB FTP UGM kembali menugaskan dan memberi kesempatan kepada Dosen dan Mahasiswa S3, Dr. Prieskarinda Lestari, S.T., IPM. dan Diah Ajeng Setiawati, S.T., M.ES untuk mengikuti kerjasama pertukaran antara UGM dan BOKU dengan dukungan pendanaan ASEA UNINET skema research project and staff mobility. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman Dosen serta Mahasiswa Doktoral dalam pengembangan kerjasama riset skala internasional, kompetensi softskill dan hardskill, serta bagian dari pelaksanaan ongoing research project. Hal ini juga merupakan bentuk keberlanjutan kerjasama antara UGM dan BOKU yang telah berlangsung sejak 2015 dengan fokus studi reklamasi lahan pasca tambang timah untuk mendukung pertanian di Bangka. 

Pelaksanaan agenda ini dilaksanakan selama periode 9 – 30 September 2024 dengan beberapa kegiatan di berbagai lokasi di BOKU. Kegiatan diawali dengan mengikuti pre dan post conference workshop dan mempresentasikan poster hasil riset pada 12 – 13 September 2024 di Tropentag International Conference. Hal ini dilanjutkan dengan berpartisipasi pada Annual Meeting of the Austrian Soil Science Society in cooperation with EJP SOIL, BOKU, dan b5 Corporate Soil Competence dengan topik “Mission soil.at – Retrospect and Prospect” pada 17 September 2024. Kegiatan dilanjutkan dengan visitasi dan diskusi tentang riset pencemaran mikroplastik di tanah dari lahan pertanian Austria di Institute of Waste Management and Circularity BOKU pada 18 September 2024. Pada kesempatan ini, Dr. Prieska dan Diah Ajeng turut mencoba melakukan sortasi partikel (terduga) mikroplastik dari sampel tanah, hingga melakukan pembacaan jenis polimer dari partikel mikroplastik menggunakan Spektrometer FTIR Bruker Alpha II. 

  Pada 19 September 2024, visitasi laboratorium dilanjutkan pada Institute of Soil Physics and Rural Water Management bersama Dr. Reinhardt. Penjelasan track record penelitian di institusi ini dijelaskan dengan sangat detail dan menginspirasi, terutama pengelolaan sumber daya air untuk pertanian presisi, kajian karakteristik fisika tanah untuk mendukung produktifitas pertanian, uji konduktifitas hidrolik, hingga upaya penanganan degradasi lahan. Hal ini sangat relevan dan membuka kesempatan kolaborasi dengan DTPB FTP UGM. 

Pada minggu ke tiga kegiatan (23 – 27 September 2024), kegiatan riset laboratorium dilaksanakan di Institute of Soil Research BOKU dengan supervisi langsung oleh Priv.-Doz. Dipl.-Ing Dr. Katharina Keiblinger dan Dr. nat. techn. Axel Mentler. Kegiatan ini dikhususkan untuk menguji kandungan logam berat pada beberapa produk pertanian (kacang tanah, kacang hijau) dari pilot project reklamasi lahan eks tambang timah di Bangka. Lebih dari 200 sampel produk pertanian dan tanah dari demplot di Bangka dibawa khusus ke BOKU untuk pengujian tersebut. Pada kegiatan inti ini, tim UGM berkesempatan melakukan pekerjaan laboratorium dengan menggunakan sebagian dari sampel kacang tanah dan kacang hijau untuk pengujian kandungan Cadmium dengan metode closed vessel microwave digestion dan dilanjutkan dengan pembacaan menggunakan instrumen Atomic Absorption Spectroscophy (AAS) (Perkinelmer PinAAcle 900T).  Kegiatan diawali dengan persiapan sampel – milling menggunakan nitrogen cair dan mortar hingga menghasilkan massa tertentu bubuk halus. Kemudian, sampel bubuk halus dilanjutkan dengan prefreeze drying selama 45 menit pada suhu -80oC sebelum dilanjutkan ke vacuum freeze drying pada -10 oC selama 12 jam. Selanjutnya sejumlah massa dari bubuk kering tersebut dimasukkan pada kolom khusus tertutup dan dicampurkan dengan 6 mL asam nitrat 65%. Sebanyak 20 kolom (sampel, referensi, dan blanko) disusun pada wadah khusus untuk dilanjutkan proses closed digestion selama 1 jam. Hasil digestion ini selanjutnya diencerkan hingga 100 mL dengan deionized water, dan dilanjutkan dengan filtrasi selama 12 jam. Hasil filtrasi menjadi sampel yang siap untuk pembacaan Cadmium menggunakan instrument AAS dengan penerapan standar operasional dan peletakan sampel dengan tepat dan presisi, termasuk kalibrasi hasil. Setelah pengoperasian AAS selama hampir 12 jam, hasil konsentrasi Cd yang terdeteksi pada sampel direkapitulasi dalam bentuk excel untuk pengolahan data selanjutnya. Pengujian logam berat dengan instrumen AAS dan graphite tube sangat direkomendasikan untuk mendeteksi jenis-jenis logam berat seperti Cd, Pb, Cr, Cu dengan konsentrasi rendah. 

Pengalaman dalam melakukan pengujian kadar logam berat secara langsung dengan menggunakan metode closed vessel microwave digestion dan AAS sangat memberikan pemahaman dan pengetahuan baru, serta meningkatkan laboratory skills. Pada akhir minggu dari keseluruhan agenda (26 September 2024), tim UGM berkesempatan mengikuti international excursion di research farm BOKU di Groß Enzersdorf. Hal ini tentunya turut berkontribusi nyata dalam pengembangan kompetensi Dosen dan Mahasiswa Doktoral TPB UGM dalam kerjasama kolaborasi riset internasional dan mendukung tercapainya sustainable development goals (SDGs), terutama nomor 4 (Quality Education), 13 (Climate Action), 15 (Life on Land), dan 17 (Partnerships for the Goals).

Kontributor: Prieskarinda Lestari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.