[:id]
Pada hari Kamis (11/3/2021), pukul 14.00 – 17.00 WIB telah terselenggara pelatihan bertema Pemasaran Digital untuk Produk UMKM Desa Selopamioro. Bapak Yanuar Reza Yulias, STP., owner Portal Sayur sekaligus sebagai konsultan tersertifikasi dan pendamping UMKM, menjadi pembicara yang memberikan materi secara komprehensif tentang pemasaran digital. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Selopamioro serta disiarkan kepada peserta mahasiswa dan dosen melalui teleconference meeting. Pelatihan berlangsung secara interaktif dan bersifat dua arah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran virus COVID-19.
Lurah Selopamioro, Drs. Sugeng menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemasaran digital merupakan pelatihan yang sangat penting. Desa Selopamioro memiliki beragam jenis usaha produk dan jasa, dengan potensi pengembangan yang luas. Selain itu, agenda pelatihan dibuka dengan sambutan oleh Prof. Lilik Sutiarso selaku Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem. Prof. Lilik menyampaikan bahwa pemasaran digital merupakan salah satu strategi untuk mengenalkan produk. Maka setelah pelatihan, diharapkan para pelaku UMKM dapat menjalankan materi dan teknik pemasaran digital guna mengembangkan usaha dan memaksimalkan pemasaran.
Pelatihan tersebut diikuti oleh sepuluh pemuda-pemudi yang merupakan pelaku UMKM Desa Selopamioro. Para peserta pelatihan memiliki jenis usaha bervariasi, yakni kafe kopi, tempat wisata, jasa supir, produsen tiwul, pembibitan tanaman, produsen keripik pisang, dan produsen keripik tempe. Aryanis Mutia Zahra, S.TP., M.Si., Makbul Hajad, S.T.P., M.Eng., Ph.D., Dr. Eng. Ngadisih, STP., M.Sc., Andri Prima Nugroho, Ph.D., Dr. Radi, STP., M.Eng., Dr. Joko Nugroho Wahyu Karyadi, Ir. M.Eng., Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng., Agus Triyanto, dan Mukhoirotul khomsah adalah dosen, teknisi dan tim dokumentasi yang bertugas dalam mendampingi dan memfasilitasi pelatihan.
Pada pelatihan, Bapak Yanuar menyampaikan tiga topik besar dalam pemasaran digital. Sesi pertama, disampaikan bahwa diperlukan persiapan berupa foto produk, video produk, dan copywriting dalam menyiapkan konten serta materi untuk pemasaran digital. Foto produk berfungsi sebagai magnet dalam menarik pembeli, mendorong perluasan informasi sesuai segmentasi pasar, meningkatkan konversi, sebagai iklan dan testimoni dalam media informasi, serta membangun database. Video produk berfubgsi sebagai strategi meningkatkan jangkauan, mengambil data karakter, dan membantu calon pembeli dalam menentukan keputusan. Sementara copywriting berfungsi sebagai leadmagnet. Selain itu juga disampaikan teknik sederhana dalam pengambilan foto produk.
Sesi kedua, Bapak Yanuar menyampaikan strategi untuk meningkatkan dan menjaga performa produk dan performa layanan sebagai sarana digital marketing. Performa produk berkaitan dengan kualitas dan jaminan tertulis, keunikan jasa dan produk, semangat berinovasi dalam menciptakan variasi sebagai diversifikasi produk, membuat dan menjaga produk yang berkualitas, membuat daftar manfaat dan testimoni, memperhatikan pentingnya merk dan pengemasan. Setelah performa produk, maka performa layanan juga perlu dicapai, yakni fast respon CS, pembayaran mudah, sistem pengiriman cepat, handling complain yang bagus, tersedia layanan COD, dan ready e-commerce. Pada akhirnya bertujuan untuk mencapai dan meningkatkan traffic organic dalam pemasaran digital.
Sesi ketiga, Pak Yanuar mengajak peserta dalam partisipasi aktif terkait teknis dalam pemasaran digital sesuai bidang jasa dan produk. Partisipasi aktif tersebut bertujuan agar para peserta dapat secara langsung memaksimalkan media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Pak Yanuar bahkan memberikan tips, trik, dan tutorial dalam menggunakan media sosial seperti whatsapp, marketplace facebook, google business, dan instagram. Pelatihan ditutup oleh Bapak Danang, selaku sekretaris kelurahan, yang menyampaikan ketertarikan untuk mengadakan program pelatihan lanjutan. Hal tersebut disampaikan dengan harapan bahwa pelaku UMKM Desa Selopamioro dapat benar-benar memahami dan siap dalam menerapkan pemasaran digital pada usaha produk dan jasa masing-masing.
Kontributor : AMZ
[:en]
Pada hari Kamis (11/3/2021), pukul 14.00 – 17.00 WIB telah terselenggara pelatihan bertema Pemasaran Digital untuk Produk UMKM Desa Selopamioro. Bapak Yanuar Reza Yulias, STP., owner Portal Sayur sekaligus sebagai konsultan tersertifikasi dan pendamping UMKM, menjadi pembicara yang memberikan materi secara komprehensif tentang pemasaran digital. Pelatihan dilaksanakan di Balai Desa Selopamioro serta disiarkan kepada peserta mahasiswa dan dosen melalui teleconference meeting. Pelatihan berlangsung secara interaktif dan bersifat dua arah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran virus COVID-19.
Lurah Selopamioro, Drs. Sugeng menyampaikan dalam sambutannya bahwa pemasaran digital merupakan pelatihan yang sangat penting. Desa Selopamioro memiliki beragam jenis usaha produk dan jasa, dengan potensi pengembangan yang luas. Selain itu, agenda pelatihan dibuka dengan sambutan oleh Prof. Lilik Sutiarso selaku Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem. Prof. Lilik menyampaikan bahwa pemasaran digital merupakan salah satu strategi untuk mengenalkan produk. Maka setelah pelatihan, diharapkan para pelaku UMKM dapat menjalankan materi dan teknik pemasaran digital guna mengembangkan usaha dan memaksimalkan pemasaran.
Pelatihan tersebut diikuti oleh sepuluh pemuda-pemudi yang merupakan pelaku UMKM Desa Selopamioro. Para peserta pelatihan memiliki jenis usaha bervariasi, yakni kafe kopi, tempat wisata, jasa supir, produsen tiwul, pembibitan tanaman, produsen keripik pisang, dan produsen keripik tempe. Aryanis Mutia Zahra, S.TP., M.Si., Makbul Hajad, S.T.P., M.Eng., Ph.D., Dr. Eng. Ngadisih, STP., M.Sc., Andri Prima Nugroho, Ph.D., Dr. Radi, STP., M.Eng., Dr. Joko Nugroho Wahyu Karyadi, Ir. M.Eng., Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng., Agus Triyanto, dan Mukhoirotul khomsah adalah dosen, teknisi dan tim dokumentasi yang bertugas dalam mendampingi dan memfasilitasi pelatihan.
Pada pelatihan, Bapak Yanuar menyampaikan tiga topik besar dalam pemasaran digital. Sesi pertama, disampaikan bahwa diperlukan persiapan berupa foto produk, video produk, dan copywriting dalam menyiapkan konten serta materi untuk pemasaran digital. Foto produk berfungsi sebagai magnet dalam menarik pembeli, mendorong perluasan informasi sesuai segmentasi pasar, meningkatkan konversi, sebagai iklan dan testimoni dalam media informasi, serta membangun database. Video produk berfubgsi sebagai strategi meningkatkan jangkauan, mengambil data karakter, dan membantu calon pembeli dalam menentukan keputusan. Sementara copywriting berfungsi sebagai leadmagnet. Selain itu juga disampaikan teknik sederhana dalam pengambilan foto produk.
Sesi kedua, Bapak Yanuar menyampaikan strategi untuk meningkatkan dan menjaga performa produk dan performa layanan sebagai sarana digital marketing. Performa produk berkaitan dengan kualitas dan jaminan tertulis, keunikan jasa dan produk, semangat berinovasi dalam menciptakan variasi sebagai diversifikasi produk, membuat dan menjaga produk yang berkualitas, membuat daftar manfaat dan testimoni, memperhatikan pentingnya merk dan pengemasan. Setelah performa produk, maka performa layanan juga perlu dicapai, yakni fast respon CS, pembayaran mudah, sistem pengiriman cepat, handling complain yang bagus, tersedia layanan COD, dan ready e-commerce. Pada akhirnya bertujuan untuk mencapai dan meningkatkan traffic organic dalam pemasaran digital.
Sesi ketiga, Pak Yanuar mengajak peserta dalam partisipasi aktif terkait teknis dalam pemasaran digital sesuai bidang jasa dan produk. Partisipasi aktif tersebut bertujuan agar para peserta dapat secara langsung memaksimalkan media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Pak Yanuar bahkan memberikan tips, trik, dan tutorial dalam menggunakan media sosial seperti whatsapp, marketplace facebook, google business, dan instagram. Pelatihan ditutup oleh Bapak Danang, selaku sekretaris kelurahan, yang menyampaikan ketertarikan untuk mengadakan program pelatihan lanjutan. Hal tersebut disampaikan dengan harapan bahwa pelaku UMKM Desa Selopamioro dapat benar-benar memahami dan siap dalam menerapkan pemasaran digital pada usaha produk dan jasa masing-masing.
Kontributor : AMZ
[:]