tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Tindak Lanjut Kerjasama UGM dengan Kab. Bener Meriah Mengenai Pengelolaan Pascapanen Kopi Gayo
Sunday August 25th, 2019
0

Bener Meriah, 23 Agustus 2019. Sebagai tindak lanjut dari kerjasama UGM dan Kabupaten bener meriah guna mengakselerasi pembangunan di kabupaten tersebut, pada kesempatan ini Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Kantor Sekretariat Daerah dan membahas lebih detil mengenai bidang Teknologi Pertanian yang dapat dikenalkan guna meningkatkan nilai tambah produk pertanian.

Rombongan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem dipimpim oleh Prof. Lilik Soetiarso, membawa tim ahli diantaranya: Dr. Murtiningrum, Dr. Joko Nugroho Wahyu Karyadi, Dr. Andri Prima Nugroho, dan Rizki Maftukhah, M.Sc.

Suasana Diskusi

Tim DTPB UGM diterima oleh Bapak Khairun Aksa, Sekretaris Daerah, yang juga selaku kepala Bappeda Bener Meriah bersama dengan Kepada Dinas Pertanian, Bapak Abadi yang didampingi oleh PLT Kadis Pertanian, Bapak Erwin.

Permasalahan yang dibahas antarlain mengenai mesin dan peralatan pascapanen, khususnya komoditas unggulan di Bener Meriah, yaitu Kopi Gayo. Pak Abadi menjelaskan mengenai tantangan dan permasalahan yang dihadapi petani kopi dan sayuran di Bener Meriah, beserta keinginan beliau dalam meningkatkan kesejahteraan petani.

Menanggapi hal itu, Dr. Joko Nugroho memaparkan beberapa produk peralatan teknologi tepat guna serta pendampingan penggunaannya yang sekiranya dapat membant u meningkatkan nilai tambah produk pertanian yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, tim DTPB juga sudah berpengalaman dalam pendampingan pascapanen kopi di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. “Pendampingan teknis dan intensif dengan skema in-house training menjadi pilihan yang potensial melihat letak geografis Bener Meriah” ungkap Joko.

Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak dan masyarakat pada umumnya, khususnya dalam mengenalkan dan menerapan teknologi pertanian modern.

Kontributor: AN.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.