Kuliah Tamu dari Food Export Centre Thailand

Pada tanggal 12 Juni 2012 di Jurusan Teknik Pertanian kedatangan tamu Ms. Taninee Koomsanit dari konsultan industri pangan dari Food Export Centre Ltd. Bangkok. Ms Taninee adalah alumni Food Science dari Tamasart University, Thailand, dan beliau mendapatkan Master di Postharvest and Food Proces Engineering dari Asian Insitute of Technology, Thailand.
Pada kuliah tamu kali ini, Ms Taninee menyampaikan topik tentang Food Engineering and Agribusiness Development in South Asian Region. Secara umum istilah agribisnis meliputi : Farming & contract farming, seed & Feed supply, Agrichemicals, Machinery , Processing, Sale (wholesale & retail) and Marketing , Logistic & distribution. Sedangkan prinsip pemasaran meliputi: promosi, produk, packanging, price, dan place (empat P).

Saat ini produk yang banyak dijual pada supermarket/pengecer adalah Fresh fruit & vegetable, Fresh meat & fish, Dairy product & eggs, Chilled food, Frozen food, Bakery, Groceries, Beverage . Kecenderungan masyarakatyang tidak punya waktu untuk memasak sendiri, menumbuhkan inovasi bisnis “ready meal”. Peluang export untuk jenis bisnis ini sangat terbuka luas. Untuk proses produksi ini memerlukan teknologi sterilisasi, pembekuan, dan pangemasan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.