Seminar Kelapa Sawit Tahun 2012: Penerapan Teknologi Inovatif dalam Industri Kelapa Sawit Ramah Lingkungan di Indonesia

LATAR BELAKANG

Perkembangan minyak kelapa sawit di Indonesia sangat menjanjikan. Minyak kelapa sawit diperkirakan akan mampu memenuhi tuntutan pemenuhan kebutuhan internasional dan domestik, yaitu minyak sawit untuk pangan (food), makanan ternak (feed), bahan bakar nabati atau biodiesel (bio-fuel), dan serat (bio-fibre).Akan tetapi beberapa tahun terakhir ini terjadi kekhawatiran yang semakin meningkat tentang persoalan keberlanjutan dari pembangunan industri kelapa sawit, diantaranya adalah: peningkatan luas areal dan produksi minyak sawit, isu negatif terhadap pembangunan kelapa sawit yang dikaitkan dengan kerusakan lingkungan dan pengembangan produk kelapa sawit di Indonesia masih mengutamakan produksi minyak sawit mentah (CPO).

Dari berbagai isu pembangunan kelapa sawit tersebut, secara umum isu tentang pembangunan kelapa sawit berkelanjutan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa aspek, yaitu : 1) teknologi, 2). sosial, 3). ekonomi, 4). lingkungan, 5). tata kelola.

Fakultas Teknologi Pertanian UGM, khususnya Jurusan Teknik Pertanian sebagai institusi pendidikan yang bergerak di bidang aplikasi teknologi untuk kemajuan bidang pertanian, perkebunan dan pengolahan produk pertanian berinisiatif untuk membantu pemikiran terkait permasalahan teknologi dalam pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia. Upaya ini diwujudkan dalam bentuk seminar yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis FTP UGM yang ke – 49.

TUJUAN

  1. Memperdalam pemahaman peran Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan institusi atau lembaga lain dalam pengembangan industri kelapa sawit yang ramah lingkungan
  2. Memberikan bahan-bahan pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengembangan kelapa sawit yang ramah lingkungan.

LUARAN YANG DIHARAPKAN

  1. Menguatkan persepsi positif para pengambil kebijakan nasional dan sektor industri terhadap peran Fakultas Teknologi Pertanian UGM dalam pengembangan industri kelapa sawit yang ramah lingkungan
  2. Terjalin komunikasi yang lebih erat dan terbuka antara para pengambil kebijakan nasional, industri dan Fakultas Teknologi Pertanian UGM sehingga dapat menjadi dasar kerjasama yang saling menguntungkan.

WAKTU DAN TEMPAT

Hari/Tanggal: Rabu,12 September 2012

Tempat: Auditorium Fakultas Teknologi Pertanian UGM

KONTAK

Jurusan Teknik Pertanian

Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada

Jl. Flora No. 1 Bulaksumur YogyakartaTelp/Fax : 0274-563542

Email :

arifin_saputro [at] yahoo.com

chandra.tep [at] ugm.ac.id

lilik_soetiarso [at] yahoo.com

HP :

0812 2943 8000 (Arifin Dwi Saputro)

0819 0418 2059 (Chandra Setyawan)

[download leaflet]

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.