Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem menjadi Pembicara dalam Sidang Komisi Irigasi Daerah Istimewa Yogyakarta 2021

Ansita Gupitakingkin Pradipta, S.T., M.Eng, dosen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (DTPB FTP UGM) menjadi pembicara dalam Sidang ke-2 Komisi Irigasi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun Anggaran 2021. Komisi Irigasi DIY merupakan lembaga koordinasi dan komunikasi antara wakil pemerintah daerah provinsi, wakil perkumpulan petani pemakai air tingkat daerah irigasi, wakil pengguna jaringan irigasi pada provinsi, dan wakil komisi irigasi kabupaten/kota yang terkait.

Tangkapan layar sidang komisi irigasi secara daring

Acara ini terselenggara secara daring dengan platform Zoom Meeting pada Kamis, 20 Mei 2021. Hadir dalam sidang ini adalah anggota komisi irigasi DIY yang berasal dari unsur pemerintah yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dinas PUP-ESDM bidang Sumber Daya Air dan Drainase, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), dan petugas operasi dan pemeliharaan (OP) irigasi serta anggota dari unsur non-pemerintah yaitu petani perwakilan wilayah irigasi DIY.

Tangkapan layar presentasi Ansita, M.Eng.


Acara dibuka dengan sambutan dari Drs. Beny Suharsono, M.Si selaku Kepala BAPPEDA DIY yang sekaligus merupakan Ketua Komisi Irigasi DIY. Jalannya sidang dipimpin oleh Anita Windrati Syarifuddin, S.P., M.M.A yang merupakan Kepala Seksi Produksi dan Pengelolaan Lahan dan Air Tanaman Pangan pada Bidang Tanaman Pangan DPKP DIY yang juga bentindak sebagai moderator untuk 2 (dua) narasumber. Narasumber pertama adalah Dr. Fibriyanty, SP, M.Si dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang menyampaikan materi berjudul “Potensi dan Strategi Pengaturan Pola Tanam dari Aspek Tanah dan Iklim”. Narasumber kedua, Ansita, M.Eng menyampaikan materi berjudul “Pengaturan Pola Tanam dilihat dari Aspek Irigasi”. Acara ditutup dengan penyusunan rekomendasi komisi irigasi terkait dengan pengaturan pola tanam yang akan disampaikan kepada Gubernur DIY.

Kontributor: Ansita

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.