Strategi Promosi Departemen untuk meningkatkan Ketertarikan Mahasiswa dan Stakeholder

Kamis, 17 Juni 2021 Jam 13.00-15.00 telah diselenggarakan kegiatan sarasehan dengan topik “Strategi Promosi Departemen untuk meningkatkan Ketertarikan Mahasiswa dan Stakeholder”. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan manajemen pemasaran dan promosi Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB). Narasumber yang memaparkan materi pada sesi ini yaitu Bapak Drs. Teguh Budiarto, M.I.M, Purna Tugas di Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Peserta yang hadir yaitu tim promosi departemen dan para dosen DTPB.

Foto bersama peserta sarasehan

Kegiatan dibuka oleh Prof Lilik Soetiarso selaku kepada DTPB, beliau menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam upaya meningkatkan jumlah peminat calon mahasiswa terhadap Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) dan juga meningkatkan minat pengguna lulusan. Narasumber menyampaikan bahwa penting untuk dapat membangun citra atau brand image yang dapat menarik konsumer. Logo dan slogan yang familiar penting untuk memberikan ciri khas. Departemen dapat membuka pasar baru misalnya dengan mempublikasikan kegiatan atau penelitian yang berbasis akademik ke bahasa publik yang mudah diterima. Publikasi dalam berbagai media penting agar dapat terjangkau oleh masyarakat luas.

Strategi pemasaran yang bisa menarik minat daftar DTPB yaitu dengan memperluas pemahaman tentang bidang kerja yang dapat dimasuki dan mempunyai prospek. Bagi calon peserta didik dapat diberikan informasi tentang pekerjaan dengan lingkup bidang yang luas, baik di bidang industri dan usaha, lembaga pemerintah dan bisnis mandiri. Sedangkan untuk stakeholder, DTPB harus dapat meyakinkan bahwa bidang ilmu yang dipelajari dapat mengisi bidang-bidang yang diperlukan. Kolaborasi dengan pihak-pihak yang mempunyai bidang sama, misalnya universitas lain juga penting dalam upaya mengenalkan DTPB kepada khalayak.

 

Kontributor: Siti Mariyam

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.