Partisipasi Teknik Pertanian dan Biosistem UGM di Agricultural Engineering – Annual Regional Convention (ARC) 2021 UPM Bintulu Malaysia

Yogyakarta, 21 Juli 2021. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada berpartisipasi aktif dengan mengirim delegasi pada ajang kompetisi Mahasiswa Teknik Pertanian se Asia Tenggara yang bertajuk Agricultural Engineering – Annual Regional Convention (AE-ARC) 2021. Acara di level ASEAN ini diikuti oleh peserta dari pelbagai Universitas di indonesia, Malaysia, Thailand, Philipine, Brunei Darussalam, dan Nepal.

Tahun ini penyelenggaran AE-ARC dilaksanakan secara online kembali, mengingat adanya pandemi Covid-19, dengan tuan rumah yaitu Universitas Putra Malaysia kampus Bintulu. Kompetisi tahunan mahasiswa Teknik Pertanian se-Asia Tenggara (ASEAN) ini merupakan ajang bergengsi unjuk krativitas dan inovasi mahasiswa dalam menerapkan keilmuan Teknik Pertanian untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan.

Departemen Teknik Pertanian mendorong mahasiswa untuk berpartisi aktif dalam tiga kategori kompetisi yaitu: Paper, Poster, dan Video. Komitmen departemen dengan membentuk tim pembimbing dan pendamping yang diketuai oleh Dr. Andri Prima Nugroho. Mahasiswa yang berminat diberikan kebebasan dalam memilih tema serta penggalian permasalahan yang ingin diagkat sebagai topik untuk disusun dalam media yang dilombakan diantaranya Poster, Video Penelitian, Video Model, serta Paper.

“Mahasiswa kita dorong untuk berinovasi dan berpikir kritis sehingga menumbuhkan ide baru yang inovatif untuk penyelesaian masalah dalam bidang Teknik Pertanian, mulai dari sumberdaya lahan air, mesin pertanian, smart agriculture, teknik pangan pascapanen, dan energi”. Pencarian dosen pendamping pun difasilitasi supaya terarah dan mendapatkan pembimbing yang sesuai dengan kepakaran yang ada di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem.

Statistik Pengiriman Peserta ARC 2021

Sampai dengan deadline pengumpulan materi lomba secara kolektif oleh TPB UGM, dikirimkan 38 tim yang ikut serta, dalam kompetisi Poster 36 Judul, dan Video Penelitian sejumlah 12 Judul, Video Model 7 Judul, serta Paper 7 Judul. Adapun Distribusi tema dan kebidangan adalah sebagai berikut : Agricultural Engineering (21 judul), Agricultural Waste Management (4 judul), Biotechnology (3 judul), Food Engineering (6 judul), Green Technology (5 judul). Dari distribusi tersebut dapat dilihat dominan di tema Agricultural Engineering.

Pengiriman tim yang berpartisipasi dalam ARC 2021 ini meningkat dari tahun sebelumnya yaitu 24 tim dan saat ini 38 tim dengan total inovasi ada 39 judul. Naiknya minat mahasiswa dalam kompetisi Internasional ini sejalan dengan semangat Departmen dalam meningkatkan daya saing mahasiswa dengan memberikan pengalaman internasional melalui kompetisi-kompetisi sesuai kepakaran.

Penilaian dan Galeri Lomba

Penilaian dilakukan oleh juri yang dikirim dari masing-masing kontingen yang megikuti lomba ARC ini. Dari UGM juri yang dikirim adalah Dr. Andri Prima Nugroho, Dr. Arifin Dwi Saputro, Dr. Murtiningrum, Siti Mariyam, M.Sc., dan Aryanis Mutia, M.Sc.. Waktu penilaian oleh dewan juri dilaksanakan dari 28 Juli – 4 August 2021 secara online. Sedangkan untuk poster favorit dapat divote di Official Instagram AE-ARC di @7tharc_2021 https://www.instagram.com/7tharc_2021/ . Silakan untuk bisa vote dengan cara Like pada postingan tersebut. Terima kasih diucapkan kepada Bapak/Ibu dosen pembimbing yang senantiasa mendampingi proses persiapan dan penulisan materi untuk kompetisi. Semoga hasil karya dan kerja keras mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM dapat memberikan yang terbaik dan berkontribusi untuk dunia.

Kontributor: AN.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.