Kuliah Tamu Pemrograman dan Aplikasi Komputer – Instrumentasi dan Robotika untuk Pertanian dan Biosistem oleh Dr. Slamet Widodo – IPB University

Yogyakarta, 15 Desember 2022. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian melalui Implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022, menyelenggarakan kuliah tamu untuk Mata Kuliah Pemrograman dan Aplikasi Komputer dengan Dosen Tamu Dr. Slamet Widodo, Dosen dan Peneliti di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem IPB University.

Perkuliahan yang diselenggarakan secara online pada 15 Desember 2022 jam 13:00 WIB dimoderatori oleh Andri Prima Nugroho, Ph.D yang juga sebagai pengampu mata kuliah. Perkuliahan dihadiri sekitar 20 orang baik yang mengambil kuliah maupun dari umum yang tertarik untuk mengikuti perkuliahan ini.

Pemaparan oleh Dr. Slamet Widodo

Dr. Slamet Widodo yang memiliki bidang riset instrumentasi dan Kontrol di Bidang Pertanian dan Biosistemmen ini menyampaikan materi perkuliahan dengan topik Instrumentasi dan Robotika untuk Pertanian dan Biosistem, mulai dari teori mengenai pertanian presisi dan implementasi robotika dalam teknik pertanian dan biosistem. Implementasi yang disampaikan Dr. Slamet mulai dari implementasi untuk produk pascapanen dengan spectoscopy dan juga image processing memberikan wawasan kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah pemrograman komputer untuk terus mengeksplorasi penerapannya dalam bidang teknik pertanian dan biosistem.

Penyampaian materi mengenai penggunaan Sensor dalam bidang Teknik Pertanian
Prosesi diskusi dan tanya jawab

Diskusi dan tanya jawab berlangsung secara interaktif dipandu oleh Dr. Andri selama kurang lebih 30 menit. Pertanyaan dari audien adalah seputar implementasi pertanain modern dengan penerapan 3D scanning serta mobile aplikasi untuk deteksi kualitas buah yang dikembangkan oleh Dr. Slamet. Peneliti lain dari universitas yang turut hadir juga ikut meramaikan diskusi sehingga materi dapat lebih komprehensif.

Dengan adanya kuliah tamu dengan mendatangkan dosen tamu dengan kebidangan yang sesuai ini diharapkan dapat memberikan gambaran baru serta membuka wawasan penerapan pemrograman dan aplikasi komputer seara lebih luas. Selain gambaran, juga memberikan inspirasi penerapan yang riil dalam ranah riset serta implementasinya di lapangan.

Kontributor: AN.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.