Kolaborasi Internasional: Kunjungan DTPB dan UPM ke Desa Sambak

(28/4/2024) Departemen Teknik Pertanian & Biosistem (DTPB) menerima kunjungan Prof. Hajah Rosnah Shamsudin dari Department of Process and Food Engineering, Universiti Putra Malaysia (UPM)). Pada kesempatan ini Prof. Rosnah berbagi pengalaman dan ilmu teknik pengolahan kopi kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah didampingi oleh Dr. Arifin Dwi Saputro, S.T.P., M.Sc., IPM., ASEAN Eng., dan Dr. Ir. Devi Yuni Susanti, S.T.P., M.Sc., IPU., ASEAN Eng., dan tim. Kegiatan tersebut memperkuat program pemberdayaan masyarakat DTPB dengan Yanmar Environmental Sustainability Support Association (YESSA) Jepang. Dalam kesempatan tersebut Prof. Rosnah dan Tim Dosen TPB melakukan diskusi dengan Bapak Dahlan (Kepala Desa Sambak) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Wangi terkait penguatan usaha kecil menengah (UKM) kopi Sambak dalam mendukung Desa ProKlim.

Pemaparan Materi dan Diskusi bersama Prof. Hajah Rosnah Shamsudin
Pemaparan Materi dan Diskusi bersama Prof. Hajah Rosnah Shamsudin

Bapak Dahlan menyampaikan proses awal Desa Sambak menjadi produsen kopi, tahu, dan keripik singkong. Tidak lupa beliau juga menerangkan bagaimana proses pengelolaan limbah dari industri pengolahan tersebut menjadi biogas. KWT Sekar Wangi menyampaikan berbagai kegiatan ibu-ibu warga desa yang rutin dilakukan: menanam berbagai sayur dan rempah di pekarangan, pengolahan sampah dapur menjadi pupuk organik cair, pembuatan sabun cuci dan sabun mandi dari bahan alami, serta pembuatan berbagai makanan tradisional. KWT Sekar Wangi juga menunjukkan beberapa produk yang telah mereka produksi.

Diskusi antara Tim DTPB FTP UGM bersama KWT Sekar Wangi
Diskusi antara Tim DTPB FTP UGM bersama KWT Sekar Wangi

Prof. Rosnah berbagi informasi dan pengalaman mengenai pengelolaan desa di Malaysia. Prof. Rosnah menunjukkan produk Kopi Kampung dari Malaysia yang merupakan produk kopi yang dicampur berbagai bahan untuk meningkatkan rasanya. Ditutup dengan serah terima sovernir dari Prof. Rosnah ke perwailan Desa dan Penyerahan Produk Kopi Sambak pada Prof. Rosnah. Kegiatan ini merupakan upaya awal dalam menyediakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi serta langkah penanganan perubahan iklim sesuai dengan SDG nomor 8 dan 13.

Penyerahan Kenang-kenangan dari Universiti Putera Malaysia Kepada KWT Sekar Wangi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.