Field Trip Mahasiswa S2: Bertukar Pengetahuan Teknologi Pertanian di Malaysia

Mahasiswa Magister Teknik Pertanian Universitas Gadjah Mada berkesempatan untuk melakukan Field Trip ke Universiti Putera Malaysia. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka studi banding dan menambah wawasan tentang perkembangan terkini Teknologi Pertanian di Malaysia. Rombongan Field Trip S2 Teknik Pertanian yang dipimpin oleh Dr. Nursigit Bintoro, S.T.P., M.Eng. mengunjungi Malaysia selama 4 hari mulai dari tanggal 10 hingga 13 Juni 2024.

Rombongan berangkat dari Yogyakarta dan tiba di Malaysia pada tanggal 1o Juni 2024. Setibanya di Malaysia rombongan disambut oleh Prof. Rosnah Rosnah Binti Shamsudin, dalam kesempatan ini Prof. Rosnah memberikan sambutan pada rombongan Magister TPB UGM dan dilanjutkan dengan Makan malam. Setelah kegiatan early dinner, rombongan diantarkan Penginapan untuk beristirahat.

Kegiatan Diskusi Mahasiswa S2 TPB UGM bersama Dosen Department of Process and Food Engineering dan Department Of Biological And Agricultural Engineering UPM Malaysia

Kunjungan diawali pada hari esok pada tanggal 11 Juni di mana rombongan berangkat menuju Universiti Putera Malaysia, tepatnya di Department of Process and Food Engineering dan Department Of Biological And Agricultural Engineering. Mahasiswa berkesempatan melakukan diskusi dengan beberapa Dosen Universiti Putra Malaysia tentang perkembangan teknologi di bidang pertanian. Setelah sesi diskusi bersama para dosen, mahasiswa juga berkesempatan berkeliling ke laboratorium-laboratorium  (Makmal) yang ada di Department of Process and Food Engineering dan Department Of Biological And Agricultural Engineering. Beberapa laboratorium tersebut di antaranya Makmal Pembungkusan dan Jangka Hayat, Makmal Kualiti Pemprosesan Makanan, Makmal Rekabentuk Mesin dan Pemrosesan Makanan, Makmal Sifat Kejuruteraan Bahan Bio dan Nutraseutikal, Makmal Kesekitaran Biosistem, Makmal Pemrosesan Biobahan, Makmal Jentera Pertanian, dan Bengkel Teknologi.

Kunjungan Rombongan S2 TPB UGM ke Laboratorium di Fakulti Kejuruteraan Biologi & Pertanian UPM

Harapan dari kegiatan Field Trip ini mampu membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan terbaru tentang perkembangan terkini dalam bidang teknologi pertanian di Malaysia serta mengembangkan keterampilan dalam penerapan teknologi pertanian serta membangun hubungan dengan para pakar dan akademisi di bidang teknologi pertanian di Malaysia. Selain itu besar harapan untuk mahasiswa agar dapat menggunakan wawasan dari kunjungan ini untuk dapat berkontribusi pada kemajuan teknologi pertanian di Indonesia. Kegiatan ini secara nyata telah mendukung tercapainya pendidikan berkualitas yang sesuai dengan Sustainable Devlopment Goals (SDGs) terutama pada point yang ke empat. 

Foto Bersama Rombongan S2 TPB UGM bersama Dosen-Dosen dari Kejuruteraan Biologi dan Pertanian UPM

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.