Penutupan Kegiatan MBKM Magang mahasiswa KBK TMB di PT Madubaru Yogyakarta

[22 Juni 2024] Seiring dengan berakhirnya kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang mahasiswa dari Kelompok Bidang Keilmuan (KBK) Teknik Mesin Biosistem (TMB) semester Genap TA 2023/2024 di PT Madubaru, maka Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem dan PT Madubaru melaksanakan kegiatan penutupan sekaligus penarikan mahasiswa magang. Kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Madukismo PT Madubaru dan dihadiri oleh dosen dari DTPB yaitu Sri Markumningsih, Ph.D dan Andri Prima Nugroho, Ph.D, pimpinan dan staf PT Madubaru serta 6 orang mahasiswa peserta magang. 

Pemberian kenang-kenangan dari mahasiswa MBKM kepada PT. Madubaru

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan yang pertama dari PT Madubaru yang diwakili oleh Kepala Bagian Tanaman, Yuda Eko Yuwono, SP. Dalam sambutannya, Pak Yuda menceritakan sekilas tentang pelaksanaan magang di PT Madubaru, dan secara resmi menyerahkan kembali mahasiswa yang sudah menyelesaikan magang ke Departemen TPB untuk melanjutkan kembali studinya di kampus. Sambutan yang kedua dari Departemen TPB disampaikan oleh Sri markumningsih, Ph.D sekaligus menerima kembali mahasiswa magang yang sudah diserahkan oleh PT Madubaru. Departemen TPB juga mengucapkan terima kasih kepada PT Madubaru yang sudah bersedia menjadi mitra DTPB dalam menjalankan kegiatan MBKM Magang ini. 

Kegiatan selanjutnya adalah presentasi yang dilakukan oleh semua mahasiswa peserta magang. Mereka memaparkan semua kegiatan yang telah mereka lakukan selama menjalankan magang di PT Madubaru selama 4 bulan ini, mulai di bagian Tanaman di kebun sampai pengolahan Gula di Pabrik. Selain belajar hal-hal teknis terkait agroindustri pengolahan tebu menjadi gula, mahasiswa juga memperoleh kesempatan mengasah softskill seperti kemampuan berkomunikasi, berpikir kreatif dan bekerja dalam tim. Mahasiswa juga ikut merasakan pengalaman bekerja shift termasuk shift malam karena pabrik gula beroperasi 24 jam nonstop.

Setelah presentasi oleh masing-masing mahasiswa, kegaitan dilanjutkan dengan diskusi dan ramah tamah. Dosen-dosen TPB FTP UGM dan pimpinan PT Madubaru yang hadir memberikan banyak pesan dan nasihat serta hikmah yang dapat diambil dari kegiatan magang ini yang akan berguna bagi mahasiswa magang di masa depan. Departemen TPB FTP UGM berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan menjadi lebih baik lagi untuk di tahun – tahun mendatang. Setelah kegiatan penutupan magang ini, mahasiswa peserta magang masih harus menjalani presentasi ujian laporan akhir magang dengan dosen penguji dari DTPB dan penguji eksternal dari PT Madubaru.

Penyerahan kenang-kenangan dari Departemen Teknik Pertanian & Biosistem FTP UGM kepada pimpinan PT. Madubaru

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.