Partisipasi Smart Agriculture Research UGM di Pameran INAGRITECH – International Agriculture Technology Exhibition 2024

Jakarta, Indonesia – Smart Agriculture Research Center Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM) berpartisipasi kembali dalam acara internasional bertajuk INAGRITECH 2024. Pameran bergengsi ini berlangsung di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, dari 30 Juli hingga 1 Agustus 2024. INAGRITECH dikenal sebagai pameran dagang terbesar untuk mesin dan teknologi pertanian di Indonesia. Sebagai informasi, sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2011, INAGRITECH telah aktif mengembangkan dan berinvestasi dalam industri bisnis pertanian. Memasuki edisi ke-10, acara ini telah menetapkan dirinya sebagai pameran terbesar di Jakarta untuk mesin, teknologi, dan peralatan pertanian, menjadikannya salah satu pameran terpenting di Indonesia.

 

Smart Agriculture Research Center menyuguhkan inovasi teknologi pertanian terkini, termasuk inovasi pertanian lahan terbuka, modernisasi irigasi, teknologi smart estate untuk perkebunan sawit, dan solusi pertanian dalam ruangan seperti smart greenhouse dan SmartAgri Plant Factory. Para pengunjung akan memiliki kesempatan untuk melihat solusi dan produk teknologi ini secara langsung di booth UGM.

Tim yang dikoordinir oleh Dr. Andri Prima Nugroho terdiri dari para ahli termasuk Ardan Wiratmoko, S.T.P., M.Sc., M. Athala Fawwaz D., S.T.P., Iqbal Maulana H., S.Si., Ammar Muflih, S.Si., Arif Rakhman Charis, S.T.P., Fadel Arya Pradana, S.Si., Diaztika Pawestri, S.Tr.T., dan Dwiki Nugraha, S.T.P. Bersama-sama, mereka membawa pengetahuan dan keahlian yang luas di berbagai bidang pertanian dan ilmu lingkungan.

Dr. Andri Prima Nugroho menekankan bahwa pameran INAGRITECH kali ini adalah kali kedua bagi Smart Agriculture Research Center UGM dalam mengenalkan teknologi terkini untuk implementasinya di industri dan masyarakat. Beberapa peralatan yang dikembangkan bersama mitra industri juga akan diperkenalkan, termasuk peralatan Smart Estate Technology yang dikembangkan bersama PT. Wilmar International, peralatan Smart Greenhouse Technology bersama PT. BISI International, dan Teknologi Plant Factory yang dikembangkan bersama PT. Inastek, serta beberapa teknologi sepadan yang dikenalkan ke masyarakat.

Inovasi yang dipresentasikan di INAGRITECH 2024 sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam meningkatkan produktivitas pertanian, memastikan ketahanan pangan, dan mempromosikan praktik produksi pangan yang berkelanjutan. Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir, Pusat Penelitian Pertanian Cerdas bertujuan untuk berkontribusi pada kemajuan sektor pertanian di Indonesia.

Selain memamerkan teknologi, pameran ini juga akan menjadi platform untuk pertukaran pengetahuan di antara pemangku kepentingan industri, peneliti, dan pembuat kebijakan. Kolaborasi ini sangat penting untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh sektor pertanian, termasuk perubahan iklim, kelangkaan sumber daya, dan kebutuhan akan praktik berkelanjutan.

Partisipasi Smart Agriculture Research Center UGM di INAGRITECH 2024 mencerminkan komitmennya untuk mendorong inovasi dalam pertanian dan mendukung pengembangan praktik pertanian yang berkelanjutan. Dengan melibatkan masyarakat dan profesional industri, UGM bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya mengadopsi teknologi pertanian modern untuk meningkatkan produksi dan keamanan pangan.

Seiring dengan mendekatnya acara, Smart Agriculture Research Center UGM mengundang semua pihak yang berminat untuk mengunjungi booth mereka dan menjelajahi solusi inovatif yang dapat mengubah lanskap pertanian di Indonesia. Bersama-sama, kita dapat bekerja menuju masa depan yang lebih berkelanjutan dan aman pangan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.