Prestasi Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem UGM di Ajang AE-ARC ASEAN 2022 Filipina

Agricultural Engineering – Annual Regional Convention (AE-ARC) merupakan pertemuan tahunan mahasiswa dalam bidang Teknik Pertanian se-ASEAN. Acara ini menjadi wadah untuk berbagi perkembangan ilmu dan kompetisi tentang beberapa bidang terkait Teknik Pertanian. Peserta diharapkan dapat berbagi tentang hasil belajar dalam kelas untuk menyelesaikan permasalahan dalam bidang Teknik Pertanian. Selain itu, program ini dapat membantu membangun dan memperkuat jaringan antar institusi, industri dan masyarakat dalam skala internasional. Acara ARC tahun 2022 diselenggarakan oleh Philippine Society of Agricultural and Biosystems Engineers (PSABE).

Pada tahun 2022, ARC diikuti oleh peserta program sarjana, pascasarjana dan civitas akademika dari beberapa negara, yaitu: Indonesia, Malaysia, Thailand, Brunei, dan Philipina. Peserta yang berpartisipasi berasal dari beberapa universitas Malaysia yaitu, Universiti Putra Malaysia (UPM) – UPM Serdang, UPM Bintulu, UPM Sarawak, Politeknik Kota Baharu – Kelantan, UniMAP – Universiti Malaysia Perlis. Peserta juga berasal dari beberapa universitas Thailand yaitu, Suranaree University of Technology – Thailand, Chiang Mai Rajabhat University – Thailand. Beberapa Universitas di Filipina sebagai tuan rumah yang berpartisipasi antara lain, Land Bank of The Philippines, University of Southern Mindanao, Mindanao State University, Mindoro State University, Don Mariano Marcos Memorial State University, Capiz State University, Caraga State University, Cebu Technological University, Laguna State Polytechnic University, Bulacan Agricultural State College, University of Science and Technology of Southern Philippines. Selain itu, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Hasanuddin University Makassar, dan Udayana University Bali, menjadi universitas yang berasal dari Indonesia.

Tema yang diusung pada ARC 2022 adalah “Transforming ABE Technologies for adequate and sustainable advancement in crisis situation”. Kategori lomba yang diselenggarakan terdiri dari kategori tim dan individu. lomba kategori tim yakni ABE Quiz Bee dan Video Making Contest, sementara kategori lomba individu yakni Tractor Parts Identification, Digital Poster Making Contest, Combined Rice Harvester Parts Identification, Technical Paper Presentation, Essay Writing Contest, Photography Contest. Pada ARC 2022, Departemen Teknik Pertanian Biosistem mendelegasikan 11 peserta masing-masing pada kategori Digital Poster Making Contest dan Tractor Parts Identification, 6 peserta masing-masing pada kategori Essay Writing Contest dan Combined Rice Harvester Parts Identification, 4 peserta pada kategori Photography Contest, 3 peserta pada kategori Technical Paper Presentation (Oral and Poster Category), dan 4 tim yang masing-masing beranggotakan 3 orang pada kategori ABE Quiz Bee.

Rangkaian Acara ARC 2022

Penyelenggaraan ARC 2022 dilaksanakan secara daring selama 3 hari, yakni 25 – 27 April 2022 mengingat situasi kondisi pandemi Covid-19. Namun demikian, antusiasme mahasiswa dalam mengikuti acara ini sangat tinggi. Pada hari pertama, ARC dibuka dengan sambutan oleh Louel Lee G. Agpalo, selaku ketua pelaksana dan PSABE PPG Presiden, dilanjutkan dengan sambutan oleh Prof. Dr. Rosnah Shamsudin, selaku Presiden MSAE, serta sambutan oleh ASEAN Eng. Teodoro C. Eleda, selaku PSABE Presiden. Acara kemudian dilanjutkan dengan ABE Talks dari pemateri ASEAN Eng. Crestituto C. Mangaoang, selaku Senior Adviser PSABE dan Dr. Rossana Marie C. Amongo, selaku dekan College of Engineering and Agro-Industrial Technology, University of the Philippines Los Baños. Acara hari pertama ditutup dengan kompetisi Quiz Bee, 4 tim perwakilan UGM berkompetisi secara daring dan luring dari ruang kelas Fakultas Teknologi Pertanian.

Pada ARC hari ke-2, acara dimulai dengan ABE Talks dari pemateri Dr. Zainun Mohd Shafie, selaku perwakilan Malaysia Society of Agricultural and Food Engineers (MSAE). Acara kemudian dilanjutkan dengan babak akhir kompetisi Quiz Bee, kompetisi Tractor dan Combined Rice Harvester Parts Identification, 4 tim beserta 17 peserta individu perwakilan UGM berkompetisi secara daring dan luring dari ruang kelas Fakultas Teknologi Pertanian. Pada ARC hari ke-3, acara dimulai dengan kompetisi Technical Paper Presentation (Oral and Poster Category). Acara kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang seluruh kompetisi.

Peserta Technical Paper Presentation, Parts Identification, dan Quiz Bee

Upaya Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem dalam Mendukung Mahasiswa

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem berupaya mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi dalam pertemuan dan perlombaan ini.  Tim pembimbing dan peserta digawangi oleh Andri Prima Nugroho, STP., M.Sc., Ph.D., IPM., Siti Mariyam, S.T.P., M.Sc., dan Aryanis Mutia Zahra, S.TP., M.Si. sebagai tim kemahasiswaan Departemen yang mengkoordinir mahasiswa mulai dari tahap pengumpulan ide dan karya, sosialisasi, registrasi, hingga pelaksanaan.  Pemilihan dosen pendamping juga difasilitasi agar mendapatkan pembimbing yang sesuai bidang dan jenis kompetisi yang diikuti. Kegiatan tahun ini juga didukung oleh program hibah PK-KM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) dari DIKTI. Program Studi Teknik Pertanian merupakan salah satu penerima hibah PK-KM Tahun ke-2 (lanjutan) di Universitas Gadjah Mada. Partisipasi mahasiswa dalam ARC menjadi upaya untuk menjamin terlaksananya program dan juga mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) serta mendukung pelaksanaan program merdeka belajar bagi mahasiswa.

 

Penyelenggaraan Quiz Bee yang berlangsung secara luring-daring

Proses Penialaian dan Kemenangan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem

Berbeda dengan tahun sebelumnya, penjurian ARC 2022 dilakukan oleh dosen dan akademisi yang diatur PSABE PPG. Kriteria penilaian Poster dan Foto yaitu kreativitas, relevansi dengan tema. Kriteria penilaian Technical Paper Presentation yaitu kreativitas dan originalitas, signifikansi studi, kualitas informasi/bukti, analisis, pengembangan ide, kesimpulan, penggunaan bahasa, dan referensi.  Kriteria penilaian Essay yaitu kreativitas dan originalitas, relevansi dengan tema, dan tata bahasa. Kriteria penilaian ABE Quiz, Tractor dan Combined Rice Harvester Parts Identification yaitu peserta dengan jawaban paling benar, tepat, dan cepat untuk 3 ronde easy, average, serta difficult. Penjurian juga melibatkan publik untuk pemilihan poster, foto, dan video favorit. Kategori pemenang untuk seluruh lomba adalah Gold, Silver, Bronze, dan Special Award (paling banyak like dan share dan atau juara harapan).

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, FTP UGM, mendapatkan penghargaan untuk 6 nominasi pada 3 kategori lomba di ajang Agricultural Engineering – Annual Regional Convention (AE-ARC) 2022. Ketua Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Prof. Dr.  Ir.  Lilik Soetiarso menyampaikan rasa bangga kepada para mahasiswa yang telah berkompetisi di   acara tahunan di tingkat ASEAN (Annual Regional Competition – ARC). Kondisi pandemi Covid- 19 yang sedang melanda dunia saat ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi walaupun banyak keterbatasan interaksi dan aktivitas.  Sebagian besar inovasi yang ikut dalam kompetisi ini adalah hasil penelitian terbaru di bidang teknologi pertanian yang akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta berkontribusi pada perkembangan sektor teknologi pertanian Indonesia.  Ucapan terima kasih juga diberikan kepada para dosen yang telah bersedia membimbing para mahasiswa. Dosen berperan penting dalam mendorong minat serta mendampingi proses persiapan, pelaksanaan, dan pasca kompetisi. Selamat kepada kita semua, sampai jumpa di ARC 2023 dengan UPM sebagai tuan rumah!

Daftar Pemenang Pada Kegiatan Annual Regional Convention (ARC) 2022

No. Nama Mahasiswa Judul Pembimbing Keterangan
1 Damar Abhinawa Dr. Radi, STP., M.Eng., IPM 3rd Winner of Combine Harvester Parts Identification / Bronze Medal
2 Vincentius Ferry Non-destructive Determination of Adulteration in Cocoa Powder using Visible/Near-Infrared Spectroscopy Dr. Rudiati Evi Masithoh, S.T.P., M.Dev.Tech., IPM. 2nd Winner of Technical Paper Presentation (Oral Presentation Category) / Silver Medal
3 Betty Mei Ari Murti Detection of Wheat Flour Addition in Cocoa Powder Using Visible/Near-Infrared Spectroscopy and Chemometric Analysis Dr. Rudiati Evi Masithoh, S.T.P., M.Dev.Tech., IPM. 3rd Winner of Technical Paper Presentation (Poster Category) / Bronze Medal
4 Ibnu Farras Application of Visible/Near-Infrared Spectroscopy to Identify Food Products with Similar Colour Dr. Rudiati Evi Masithoh, S.T.P., M.Dev.Tech., IPM. 3rd Winner of Technical Paper Presentation (Oral Presentation Category) / Bronze Medal
5 Bernadetha Grace Wisdayanti Urban Mini Plant Factory (UMPF): Agricultural Technology ForLand Restrictions and Green Space Complements in Cities Andri Prima Nugroho, STP., M.Sc., Ph.D., IPM. Special Award Nominee of Essay Writing Contest
6 Raditya Suwardana Utilization of Renewable Energy as an Alternative Energy Source in Agriculture and Animal Husbandry Andri Prima Nugroho, STP., M.Sc., Ph.D., IPM.

Special Award Nominee of Essay Writing Contest

Kontributor: Aryanis Mutia Zahra
Editor: Andri Prima Nugroho
Dokumentasi: Siti Mariyam dan Aryanis Mutia Zahra

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.