Reportase Agricultural Engineering Weeek 2022 – Pekan Pameran dan Kompetisi Teknik Pertanian Indonesia

Agricultural Engineering Week 2022 (AEW 2022) merupakan kegiatan terbesar yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Gadjah Mada (PERMATETA UGM) sebagai manifestasi upaya pengenalan teknologi pertanian kepada masyarakat. Berbekal dari keberhasilan acara AEW pada tahun 2016, 2018, dan 2020, dengan penuh optimis diharapkan kegiatan ini dapat melibatkan lebih banyak masyarakat. Kegiatan Agricultural Engineering Week 2022 (AEW 2022) merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk mengenalkan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem serta mengkampanyekan isu-isu keteknikan pertanian khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta kepada masyarakat luas. Terdapat beberapa rangkaian acara pada kegiatan AEW 2022, antara lain expo atau pameran, berbagai kompetisi (poster dan packaging design).

1. AEW Packaging Design Competition

AEW Packaging Design Competition merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Agricultural Engineering Week 2022. Kegiatan ini merupakan perlombaan desain kemasan produk dan pameran prototype. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi ide serta penyampaian desain kemasan produk olahan kakao menjadi produk akhir cokelat, seperti minuman bubuk, permen cokelat, cokelat bar, dan produk olahan lainnya. Pendaftaran lomba dibuka pada tanggal 4 April- 1 Mei 2022, kemudian penjurian pada tanggal 2 Mei – 15 Mei 2022, pengumuman finalis pada tanggal 16 Mei 2022 lalu dilanjutkan dengan presentasi dan pameran pada tangga 10 Juni 2022, kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang pada tanggal 11 Juni 2022. Semua proses perlombaan dilaksanakan secara daring. Nama pemenang AEW Packaging Design Competition sebagai berikut :
Gold Medal : Nicola Rosa. A. D. & tim
Best Presentation : Agatha Harta M. & tim.

Kompetisi desain poster dan packaging online

2. AEW Poster Competition

AEW Poster Competition merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Agricultural Engineering Week 2022. Kegiatan ini merupakan perlombaan karya poster atau desain grafis. Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi ide untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam bidang agrokompleks dengan konsep smart farming dalam bentuk desain grafis. Lomba poster dilaksanakan secara daring dengan pengumpulan karya melalui google form. Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk SMA/sederajat dan Mahasiswa S1/sederajat. Pendaftaran lomba dibuka pada tanggal 9 Mei – 31 Mei 2022, kemudian penjurian pada tanggal 1 Juni – 7 Juni 2022, dan pengumuman pemenang pada tanggal 11 Juni 2022. Nama pemenang AEW Poster Competition sebagai berikut :

a) Kategori SMA/sederajat
Gold Medal : Nafi Wana Fitri
Best Idea : Tracy Angeline Tio

b) Kategori S1/sederajat
Gold Medal : Theresia Abdiella Rachmani
Best Idea : Ariel Arnaldo

3. Pameran Offline

Pameran atau expo secara offline merupakan salah satu rangkaian kegiatan Agricultural Engineering Week 2020 yang dilaksanakan selama dua hari pada hari Jumat – Sabtu, 10 – 11 Juni 2022 di Taman Budaya Yogyakarta. Expo ini dibuka untuk masyarakat umum tanpa biaya tiket masuk. Expo ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan edukasi terkait perkembangan mekanisasi pertanian kepada masyarakat umum. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan kerja sama terhadap beberapa mitra, diantaranya adalah Wondis Cokelat, Pabrik Gula Madukismo, PT. Pura Barutama, dan media partner lainnya. Dalam expo ini terdapat coffee and cacao tasting yang menjadi daya tarik pengunjung. Oleh karena itu, expo yang diselenggarakan selama dua hari ini, berlangsung melebihi target dengan jumlah pengunjung sebanyak 740 0rang.

Suasana pameran offline
Suasana pameran offline

4. Pameran Online

Pada rangkaian kegiatan Agricultural Engineering Week 2022, terdapat kegiatan pameran atau expo secara online. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 – 17 Juli 2022 melalui media daring berupa (theasys.io). Bentuk dari expo ini menyerupai Google Street View, dimana pengunjung expo dapat menyaksikan pameran seperti pada tata letak expo yang telah diselenggarakan secara offline serta ditambahkan beberapa informasi agar memudahkan pengunjung expo online. Tim DVD-IT Panitia Agricultural Engineering Week telah merekam venue dan tata letak dari expo offline yang telah diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Juni 2022 untuk nantinya ditampilkan dalam expo online. Saat ini, expo secara online tersebut sedang dalam tahap persiapan. Sehingga, belum ada dokumentasi saat expo online berlangsung.

Sampai Jumpa di AEW tahun selanjutnya!.

Kontributor: Tim Dokumentasi Permateta
Editor: AN

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.