tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Inisiasi kerjasama Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM dengan NTU dan NPUST Taiwan
December 13, 2016
0

Taiwan, 8 Desember 2016. Sebagai bagian dari upaya peningkatan reputasi institusi dan lulusan di tingkat Internasional, Department Teknik Pertanian dan Bio-Sistem (DTPB) UGM terus melakukan pengembangan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Pada tanggal 5-8 Desember 2016, empat orang delegasi dari DTPB, Prof. Bambang Purwantana, Prof. Lilik Sutiarso, Prof. Sahid Susanto, dan Chandra Setyawan, M.Eng. berkunjung ke salah satu negara di kawasan Asia yaitu Taiwan untuk inisiasi kerja sama dengan dua universitas di negara tersebut yaitu National Taiwan University (NTU) dan National Pingtung University of Science and Technology (NPUST). NTU merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di kawasan Asia Pasifik sedangkan NPUST merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dibidang teknologi pertanian di Taiwan.

Inisiasi Kerjasama DTPB UGM dengan NPUST Taiwan

Agenda dihari pertama diawali dengan mengunjungi Department Bioenvironmental Systems Engineering (DBSE), di Kampus NTU Taipei. Delegasi DTPB disambut langsung oleh chairman Dept. tersebut yaitu Prof. Yu-Pin Lin yang juga merupakan salah satu guru besar kehormatan (distinguished professor) di NTU. Pertemuan di NTU diisi dengan presentasi profil masing-masing universitas dan departemen, kemudian presentasi bidang riset oleh dosen-dosen DBSE dan dilanjutkan kunjungan ke green building research center di hari kedua.

Inisiasi Kerjasama DTPB dengan NPUST Taiwan Kunjungan hari ketiga dan keempat berlanjut ke NPUST dimana delegasi dari DTPB diterima langsung oleh Dekan International College Prof. Jik-Chang Leong. Setelah acara perkenalan dan presentasi profil masing-masing departemen dan universitas, delegasi DTPB berlanjut mengunjungi Department of Tropical Agriculture and International Cooperation, Department of Soil and Water Conservation, Department of Bio-mechatronic Engineering, Department Biological Science and Technology dan GMP Food Processing Plant NPUST.

Kunjungan diisi dengan diskusi, pengenalan masing-masing departemen, pengenalan hasil-hasil riset di NPUST serta diskusi mengenai kemungkinan terbentuknya aliansi dibidang teknologi pertanian antara beberapa universitas di Indonesia dan di Taiwan. Pada kunjungan di GMP Food Processing Plant, delegasi DTPB berkesempatan melihat proses pengolahan coklat dan kopi berlabel NPUST. Hasil kunjungan ke Taiwan akan ditindak lanjuti dengan perumusan nota kesepahaman (MoU) sebagai landasan kerjasama antara DTPB UGM dengan NTU dan NPUST.

Kontributor: Chandra Setyawan, STP., M.Eng.

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.