tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pengalaman Mahasiswa S2 Teknik Pertanian Mengikuti Pertukaran Pelajar di Universitas Kagawa
September 10, 2019
0

Mahasiswa program studi Master Teknik Pertanian, di DTPB UGM, Dwi Ayuni mengikuti program “SUIJI Joint Program for Master Student”, yang disponsori oleh JASSO. Pada program dilaksanakan bulan September 2018 – Agustus 2019 ini, Dwi Ayuni diberi kesempatan untuk melaksanakan penelitian serta mengikuti berbagai kegiatan perkuliahan di Universitas Kagawa, Jepang.
Selama mengikuti program pertukaran pelajar, Dwi Ayuni menjadi bagian dari Food Engineering Laboratory, Department of Applied Biological Science, di bawah bimbingan Prof. Yoshii Hidefumi. Dwi Ayuni melakukan penelitan tentang Oxidative stability of Squalene oil in spray-dried powder. Dwi Ayuni mempelajari tentang enkapsulasi minyak menjadi powder, dengan tujuan untuk mengontrol oksidasi dan menjaga kualitas minyak tersebut.

Presentasi pada forum ilmiah

Dwi Ayuni menyatakan bahwa dengan mengikuti pertukaran pelajar ini, ada banyak hal positif yang dirasakan seperti belajar tentang kerja keras, tanggung jawab, dan etos kerja yang tinggi dari masyarakat Jepang secara umum. Dalam hal penelitian, diperoleh kesempatan belajar banyak metode-metode dan mesin baru, serta pengetahuan-pengetahuan penting terkait dengan bidang teknik pangan dan pascapanen. Dwi Ayuni juga berkesempatan mengikuti seminar Nasional dan Internasional selama saya berada di sana.

Di Depan Kampus Kagawa

Selain dalam hal akademik, Dwi Ayuni juga berkesempatan untuk mengembangkan potensi diri, melalui kegiatan-kegiatan bersama PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) komisariat Kagawa. Akhirnya berharap bahwa program-program pertukaran pelajar yang serupa seperti SUIJI dapat terus terjalin dan lebih berkembang, agar lebih banyak teman-teman mahasiswa DTPB lainnya yang dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan keilmuan dan wawasan, dengan pergi belajar di Universitas-universitas luar negeri.

Penampilan kesenian Bersama PPI Kagawa

Kontributor dan foto: Dwi Ayuni

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.