Pelatihan Teknologi Beverage Berbahan Dasar Lokal untuk Pengelola Wisata Bukit Dermo Nawungan

Senin, 7 September 2020 jam 10.00 – 12.00 telah diadakan kegiatan “Pelatihan Teknologi Beverage Berbahan Dasar Lokal” sebagai bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat kerjasama Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM dengan Yanmar Environment Sustainable Support Association (YESSA) Jepang.

Pelatihan dilaksanakan di rumah Dukuh Nawungan 1 Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri. Peserta pelatihan adalah 3 pemudi pengelola wisata Bukit Dermo dan 3 ibu rumah tangga warga Nawungan. Narasumber pelatihan adalah Arifin Dwi Saputro, STP., M.Sc., PhD selaku dosen di bidang Teknik Pangan dan Pascapanen DTPB FTP UGM. Selain itu, pelatihan menghadirkan praktisi di bidang pembuatan jus buah-buahan, Bapak Adhita Prawatyo. Pelatihan dipandu oleh Dr. Joko Nugroho W.K., STP., M.Eng, selaku kepala Laboratorium Teknik Pangan dan Pascapanen.

Kegiatan pengabdian yang bertemakan “Agri-environmental Edu Techno Park” kerjasama YESSA Jepang dengan DTPB FTP UGM sejak tahun 2018 difokuskan pada pengembangan wisata berbasis teknologi pertanian ramah lingkungan di Kabupaten Bantul khususnya di Desa Selopamioro dan Sriharjo Kecamatan Imogiri. Lahan kering yang berbukit di desa Selopamioro memiliki fungsi sebagai Kawasan lindung atau zona pemanenan air hujan dan pengendalian erosi. Namun, kebutuhan ekonomi memaksa masyarakat untuk memanfaatkan zona tersebut untuk kegiatan pertanian semusim.

Agroforestri berbasis tanaman buah-buahan adalah adaptasi masyarakat dalam menjaga fungsi lindung serta fungsi produksi (pertanian) di lahan berbukit Selopamioro. Tanaman buah-buahan yang dibudidayakan sejak tahun 2015 antara lain Sirsak, Alpukat, Kelengkeng, Durian, dan Rambutan. Peningkatan nilai jual buah-buahan ini dilakukan dengan mengolahnya menjadi minuman seperti jus. Kedepannya, jus produksi ibu rumah tangga di Nawungan akan dipasarkan pada mini café bukit Dermo, yang saat ini masih tahap pembangunan oleh Pokdarwis Nawungan.

Kontributor: Dr. Ngadisih

Editor: AN.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.