Serial Workshop Ketujuh dalam Rangka PKKM bertajuk Urgensi Pengembangan Teknologi Smart pada Proses Produksi Cokelat

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas Teknologi Pertanian UGM kembali menggelar workshop dalam rangka Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM). Workshop seri ketujuh ini bertajuk Urgensi Pengembangan Teknologi Smart pada Proses Produksi Cokelat. Workshop ini dilaksanakan pada Hari Senin tanggal 16 Agustus 2021 dengan moderator Dr. Radi, dosen DTPB.

Poster Kegiatan

Dalam kegiatan ini tampil dua pembicara yaitu Bapak Aulia Winaldi, ST., M.Si dari Balai Besar Industri Hasil Perkebunan (BBIHP) dan Bapak Enas Dhuhri Kusuma, ST., M.Eng. dari UGM Cocoa Teaching and Learning Industry.

Bapak Aulia Winaldi, ST., M.Si. memulai paparannya dengan menyampaikan proses pengolahan kakao dan standar mutu yang harus dipenuhi oleh industri kakao dan cokelat. Paparan dilanjutkan dengan uraian berbagai sensor yang telah dikembangkan BBIHP untuk industri kakao yaitu sensor jaminan bahan baku, sensor mesin penimbang, sensor untuk fermentasi, sensor mesin pre dryer, sensor mesin sortir, sensor pada silo dan timbangan, sensor mesin roaster dan cooler, sensor pada mesin stone mill dan ball mill serta sensor pada mesin counching dan tempering. Sensor-sensor tersebut dikembangkan untuk menjamin kualitas kakao.

Pada sesi berikutnya Bapak Enas Dhuhri Kusuma, ST., M.Eng. menyampaikan paparan berjudul Transformasi digital 4.0 dan Penerapan IOT. Pada awal pengembangan Cocoa Teaching and Learning Industry, proses berlangsung secara lokal dan manual. Penerapan transformasi digital dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu keterhubungan secara digital, analisis dan prediksi, serta digitalisasi dan transformasi. Bapak Enas Dhuhri Kusuma, ST., M.Eng. mengakhiri presentasinya dengan menyampaikan harapan, tantangan, dan kontribusi akademisi dalam transformasi digital pada industri kakao.

Dokumentasi Acara Workshop

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.