Departemen Teknik Pertanian dan Biosostem (DTPB Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM kembali menggelar workshop dalam rangka Program Kompetisi Kamus Merdeka (PKKM) pada hari Senin 23 Agustus 2021. Workshop yang telah sampai pada seri kesembilan mengambil tema Mengenal Model Bisnis dan Creative Marketing Era Disrupsi Teknologi: Produk Cokelat. Workshop dilaksanakan secara daring dengan moderator Siti Mariyam, S.T.P., M.Sc, Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem.
Workshop kali ini menghadirkan narasumber dua wirausahawan yang juga merupakan alumni Teknik Pertanian. Narasumber pertama adalah Yanuar Reza Yulias, STP. owner Portal Sayur. Yanuar Reze Yulias, STP menyampaikan paparan Best Practies Digital Marketing Era Disrupsi Teknologi yang membahas teknik dan strategi pemasaran digital. Yanuar juga menyampaikan pengalaman perubahan target pemasaran portal sayur dari hotel dan restoran berubah menjadi konsumen langsung serta strategi yang diterapkan. Narasumber kedua adalah Yustafat Fawzi, STP. selaku co-founder dan owner PT. Merapi Tani Instrumen atau PT. Mertani. Yustafat Fawzi, STP memaparkan produk-produk yang dibuat oleh PT Mertani sebagai produk IOT dengan konsumen perkebunan dan tanaman hortikultura. Yustafat menjelaskan bahwa PT Mertani mengambil memperkuat demo dan layanan purna jual sebagai strategi meraih konsumen.
[:en]
Departemen Teknik Pertanian dan Biosostem (DTPB Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM kembali menggelar workshop dalam rangka Program Kompetisi Kamus Merdeka (PKKM) pada hari Senin 23 Agustus 2021. Workshop yang telah sampai pada seri kesembilan mengambil tema Mengenal Model Bisnis dan Creative Marketing Era Disrupsi Teknologi: Produk Cokelat. Workshop dilaksanakan secara daring dengan moderator Siti Mariyam, S.T.P., M.Sc, Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem.
Workshop kali ini menghadirkan narasumber dua wirausahawan yang juga merupakan alumni Teknik Pertanian. Narasumber pertama adalah Yanuar Reza Yulias, STP. owner Portal Sayur. Yanuar Reze Yulias, STP menyampaikan paparan Best Practies Digital Marketing Era Disrupsi Teknologi yang membahas teknik dan strategi pemasaran digital. Yanuar juga menyampaikan pengalaman perubahan target pemasaran portal sayur dari hotel dan restoran berubah menjadi konsumen langsung serta strategi yang diterapkan. Narasumber kedua adalah Yustafat Fawzi, STP. selaku co-founder dan owner PT. Merapi Tani Instrumen atau PT. Mertani. Yustafat Fawzi, STP memaparkan produk-produk yang dibuat oleh PT Mertani sebagai produk IOT dengan konsumen perkebunan dan tanaman hortikultura. Yustafat menjelaskan bahwa PT Mertani mengambil memperkuat demo dan layanan purna jual sebagai strategi meraih konsumen.