Kuliah Tamu dalam Rangka PKKM bertema Advanced Technology in Agriculture: Measurement Technology and Agricultural Robotic

Dalam rangka Pelaksanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Depaartemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas teknologi Pertanian FTP UGM kembali menyelenggarakan kuliah tamu. Dosen tamu pada kuliah tamu yang dilaksanakan hari Rabu 20 Oktober 2021 berasal dari perguruan tinggi terkemuka dunia yaitu Dr. Suchada Rianmora dari Thammasat University Thailand dan Dr. Xiongtze Han dari Kangwon National University Korea. Tema yang diangkat pada kuliah tamu ini adalah ” Advanced technology in agriculture: measurement technology and agricultural robotic”. Bertindak selaku moderator dosen DTP UGM, Makbul Hajad, STP, M.Sc., Ph.D.

Poster kegiatan

Dr. Suchada Rianmora menyampaikan presentasi dengan topik Instrumentation and Measurements Technology for Food Product. Menurut Dr. Suchada Rianmora, Konsumen pangan mempunyai perilaku yang dipengauhi oleh sosial, budaya, dan pengalaman mereka. Kaitan antara pangan dan teknologi merupakan hubungn antara sarana untuk memproduksi dan mengkonsumsi pangan itu sendiri. Pada perangkat klasik, kombinasi antara teknologi dan alat akan meningkatkan efisiensi dalam pembuatan atau penggunaan sesuatu. Perangkat cerdas memerlukan prosedur cerdas pula, misalnya dalam pemilihan perangkat dan desain proses. Pada produksi pangan masa depan, perlu diperhatikan beberapa prosedur, yaitu mengetahui kebutuhan konsumen, mengetahui platform yang diperlukan dari bahan baku sampai konsumsi, menentukan desain produksi. Untuk memilih instrumen yang tepat untuk setiap proses digunakan prinsip ALONE (Area of interest, learn new things, overwhelmed support, new ideas, and extra ordinary).

Dr. Han selanjutnya memaparkan topik Current Development of Agricultural Robotics, yaitu pemaparan tentang Unmanned Aerial Systems. Unmanned Aerial Systems (UAS) for Precision Agriculture and High-Throughput Field Phenotyping adalah kombinasi UAV, ground control station, dengan communication link melalui wireless link. UAS bisa beroperasi tanpa intervensi langsung manusia. Ground control station memberikan fasilitas pada manusia untuk mengendalikan UAV melalui hardware, software, fasilitas monitoring UAV, rencana penerbangan, dan operasi otonom. Communication data link berfungsi menghubungkan ground station atau satelit untuk mengirim data kendali ke UAV dan menghubungkan UAV untuk mengirimkan data data sensor dan sistem telemetri ke ground station. Photogrammetry memberikan pengukuran dengan output peta, gambar, hasil pengukuran, dan model 3D. Untuk memperoleh model 3D, fitur topografi digunakan dengan membuat overlap foto 2D dengan metode Structure from Motion (SfM). Penelitian dalam Autonomous Mobile Ground Control Point (GCP) meningkatkan akurasi penginderaan jauh pertanian dikombinasikan dengan UAV.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.