Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem menjadi Narasumber di Seminar Nasional SEMANTECH 2022 Gorontalo

Gorontalo, 8 Desember 2022. Dosen dan Peneliti Smart Agriculture Research, Dr. Andri Prima Nugroho menjadi narasumber di acara Seminar Nasional SEMANTECH – Seminar Nasional Teknologi Sains dan Humaniora 2022, tahun ini acara ini mengambil tema Berkolaborasi dalam Inovasi Teknologi Pertanian untuk Kemandirian Pagan demi terciptanya Ketahanan Pangan Nasional.

Tujuan dari Seminar ini adalah memberikan media komunikasi dalam rangka diseminasi dan pertukaran informasi antar peneliti, perekayasa, praktisi industri, ilmuwan dan akademisi di bidang Pangan dan Pertanian; Teknik Mesin dan Peralatan Pertanian; Teknologi Industri; Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Infomasi dan Ilmu Komputer; Teknik Elektro; Sipil dan Perencanaan; serta Sosial Sains dan Humaniora. Selain itu, acara ini juga memfasilitasi para peneliti, dosen dan mahasiswa untuk mempublikasikan karya ilmiahnya melalui presentasi oral yang dilaksanakan secara online.

Pemaparan materi oleh Dr. Andri Prima Nugroho

Acara seminar ini dihadiri oleh Pejabat Gubernur Provinsi Gorontalo diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Dr. Ir. Mulyadi D. Mario, Elnino M. Husein Mohi, S.T., M.Si (Anggota Komisi X DPR-RI), Kepala LLDIKTI Wilayah XVI, Munawir Sadzali Razak, S.IP., MA, Direktur Politeknik Gorontalo, Ismail Mohidin, S.Kom., M.T.

Sejalan dengan tema yang diangkat mengenai inovasi teknologi pertanian untuk kemandirian pangan nasional, Dr. Andri menyampaikan materi mengenai Smart Farming – Konsep dan Implementasi Pertanian Presisi pada Produksi Pertanian kawasan Tropis. Penjelasan mengenai peningkatan efisiensi produksi pertanian dengan pendekatan pertanian presisi serta teknologi yang bisa diterapkan disampaikan berikut dengan contoh penerapannya pada pertanian skala kecil dan menengah. Disela-sela presentasinya, Andri juga mengajak berdiskusi interaktif dengan peserta untuk mengajak berfikir dan juga diskusi terkait case study penerapan pertanian presisi pada level aplikas di Masyarakat.

Sesi diskusi dan tanya jawab

Diskusi dan tanya jawab dari hadirin yang berlatar belakang akademisi kurang lebih 150an, baik Dosen, Guru, dan juga Siswa dipandu oleh Mustofa, S.Pd., MT. dengan pertanyaan seputra Smart Farming dan implementasinya. Beberapa peserta tertarik dengan teknologi pertanian yang dikenalkan dan berharap untuk bisa memberikan inspirasi bagi generasi muda pertanian di Gorontalo.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.