Panen Raya Padi, Penyerahan Bantuan, dan Pelatihan Alat Mesin Pertanian Kerjasama Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM dengan Centre for Sustainable Agriculture Mechanization (CSAM) di Dusun Gamparan, Prambanan

 

Pada Selasa, 24 Januari 2023, telah dilaksanakan serangkaian kegiatan Panen Raya Padi dan pengabdian masyarakat kerjasama Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) UGM dan Centre for Sustainable Agriculture Mechanization (CSAM) – United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific) UN ESCAP di Dusun Gamparan, Sumberharjo, Prambanan. Pada kegiatan Panen Raya Padi tersebut, turut hadir Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM – Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc., Ketua Departemen TPB – Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng, IPU., Tim Pelaksana Kerjasama DTPB – CSAM, Dr. Radi, S.T.P., M.Eng., IPM., Asean Eng., Lurah Sumberharjo yang diwakili oleh Pak Sigit Purnomo, serta perwakilan dari Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian – Ir. Joko Pitoyo, M.Si dan Elita R Widjaya, S.T.P., M.Eng.Sc., Ph.D, bersama-sama secara simbolis melaksanakan panen raya padi. Kegiatan panen raya padi dan pelatihan ini juga turut diikuti oleh 90 orang peserta dari kelompok tani, kelompok ternak, dan kelompok wanita tani dari tiga lokasi percontohan kerjasama, yaitu Dusun Gamparan (Prambanan), Dusun Kwasen (Srimartani), dan Dusun Japuhan (Bambanglipuro).

Panen Raya

Pada kegiatan tersebut, turut dilaksanakan penyerahan bantuan delapan alat mesin pertanian (alsintan) dan pelatihan penggunaan alat. Alsintan yang diserahkan yaitu chopper pencacah hijauan, straw pressing, handy straw cutter, mower, pencacah organik/kompos, pengayak kompos, sprayer elektrik, trailer, dan rice power tresher. Delapan alsintan tersebut diserahkan kepada Kelompok Tani “Tani Makmur” dan Kelompok Wanita Tani “Rukun” di Dusun Gamparan. Penyerahan bantuan alsintan tersebut juga telah diserahkan kepada Kelompok Tani, Kelompok Ternak, dan Kelompok Wanita Tani di Dusun Kwasen dan Dusun Japuhan. Setelah penyerahan, dilaksanakan pelatihan penggunaan alsintan seperti rice power tresher, handy straw cutter, mower, dan straw pressing yang dipraktekkan secara langsung setelah panen raya padi. Para peserta antusias untuk mencoba dan mempraktekkan alsintan tersebut.

Praktek dan Pelatihan Penggunaan Alsintan

Setelah penyerahan dan pelatihan alsintan, perwakilan dari CSAM UN ESCAP, Mr. Anshuman Varma juga turut memberikan sambutan dan presentasi. Materi presentasi yang diberikan berjudul  “Utilizing Satellite Imagery and Seasonal Air Pollution Modeling to Mitigate Effects of Agricultural Burning’. Presentasi dilaksanakan secara daring dengan bantuan penerjemah melalui zoom, dimana para peserta turut menyimak dan menyampaikan pertanyaan terkait materi.

Tangkapan layar penyelenggaraan acara secara bauran

Kegiatan selanjutnya adalah diseminasi hasil dan diskusi monitoring evaluasi pelaksanaan kegiatan di tiga lokasi percontohan. Diskusi tersebut dipandu oleh Dr. Radi dan Ir. Joko Pitoyo, M.Si. Diskusi berlangsung secara interaktif, dimana para peserta aktif menyampaikan pertanyaan dan pendapat. Hasil diskusi menunjukkan para peserta sangat antusias terhadap implementasi mekanisasi pertanian untuk mendukung produktivitas serta meminimalisir pembakaran di lahan secara terbuka. Para peserta menyampaikan harapan terkait keberlanjutan program dan pendampingan. Semoga serangkaian pelatihan dan penyerahan bantuan alsintan pada program kerjasama ini dapat bermanfaat dan meningkatkan produktivitas di tiga lokasi percontohan dan terjadinya sharing knowledge di lokasi lainnya guna mendukung tercapainya pertanian berkelanjutan dan cerdas iklim di Indonesia.

 

Kontributor: Prieskarinda Lestari

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.