Dosen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM Raih Juara 1 Lomba Poster Inovasi dengan Sistem Irigasi Tetes Cerdas yang Efisien

Yogyakarta, 29 November 2023 – Ir. Andri Prima Nugroho, Ph.D., IPU., ASEAN Eng., dosen dan peneliti Smart Agriculture Research, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian UGM, meraih juara 1 (sertifikat emas) dalam Lomba Poster Inovasi pada Seminar Nasional Teknologi Industri Pertanian Pertemuan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Teknologi Industri Pertanian Indonesia (FKPT-TPI) yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran pada tanggal 15-16 November 2023.

Dalam lomba tersebut, Dr. Andri mengusulkan ide inovasi berupa sistem irigasi cerdas dengan judul “Smart Agri Drip Irrigation System (SADIS): Sistem Irigasi Tetes Cerdas untuk Efisiensi Penggunaan Air berbasis Hybrid Sensor Network”. Inovasi ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk penghematan air untuk irigasi.

Sistem irigasi tetes merupakan metode irigasi yang efisien dalam penggunaan air. Namun, penggunaan air yang berlebihan masih sering terjadi karena kurangnya informasi tentang kelembaban tanah dan kondisi cuaca. Oleh karena itu, diperlukan inovasi yang dapat memperbaiki efisiensi penggunaan air pada irigasi tetes dengan penerapan Smart System.

Smart Agri Drip Irrigation System (SADIS) – Sistem Irigasi Tetes Cerdas untuk Efisiensi Air Berbasis Hybrid Sensor adalah inovasi yang menggabungkan teknologi sensor lengas tanah dan lingkungan (Automatic Weather Station) untuk memantau kelembaban tanah dan kondisi cuaca secara real-time dan memberikan rekomendasi jumlah pemberian air sesuai kebutuhan yang presisi.

“Sistem ini dapat menghemat air hingga 13,37% dibandingkan dengan sistem irigasi tetes konvensional,” ujar Dr. Andri.

Pemberian penghargaan sertifikat emas dilaksanakan pada saat penutupan acara Seminar Nasional Teknologi Industri Pertanian Pertemuan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Teknologi Industri Pertanian Indonesia (FKPT-TPI), bersamaan juga dengan lomba inovasi untuk mahasiswa.

Dengan pencapaian prestasi ini, Dr. Andri berharap dapat memberikan usulan solusi nyata penerapan smart agriculture dalam tantangan pertanian di masa yang akan datang, khususnya perubahan iklim dan kebutuhan pangan nasional.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.