Pendampingan Warehouse Management System (WMS) Oleh Mahasiswa, Kerjasama FTP UGM dan BAPPEBTI-Kementerian Perdagangan

Di tahun kedua program kerjasama antara Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) Kementerian Perdagangan, diterjunkan lima mahasiswa yang berasal dari Kelompok Bidang Kejuruan (KBK) Teknik Pangan, Pascapanen dan Bioproses (TPPB), Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM. Kelima mahasiswa tersebut kemudian ditugaskan untuk mendampingi mitra BAPPEBTI dalam penggunaan aplikasi Warehouse Management System (WMS) di lima Lokasi Gudang Sistem Resi Gudang (SRG) BAPPEBTI, yaitu:

  1. Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah, Subang;
  2. PT Sindangkasih Multi Usaha, Majalengka;
  3. Koperasi Tani Bangkit Sejahtera, Kuningan;
  4. PT Tarakan Fiserindo Sipatuo dan
  5. PT Bunga Laut Samudera Jaya, Tarakan.

Pendampingan mitra oleh berlangsung selama satu bulan mulai dari tanggal 22-25 Juli 2024 hingga tanggal 21-24 Agustus 2024. masing-masing mahasiswa dibimbing oleh lima dosen DTPB, yaitu Bayu Nugraha, PhD. sebagai PIC program, Prof. Dr. Ir. Lilik Sutiarso, M.Eng., IPU., ASEAN Eng., Hanim Z. Amanah PhD., Dr. Joko Nugroho, Dr. Sri Rahayoe, dan Dr. Devi Y. Susanti. Mahasiswa yang terlibat yaitu:

  1. Naufal Lathif Perdana di PT Bunga Laut Samudera Jaya, 
  2. Shanedra Christama P. di PT Tarakan Fiserindo Sipatuo,
  3. YuniAmi di Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah,
  4. Khayatun Nisa di PT Sindangkasih Multi Usaha dan,
  5. Nur Riskiyah Alfaras di Koperasi Tani Bangkit Sejahtera.

Mahasiswa dalam program ini memegang peran dalam membantu mitra pengelola gudang SRG untuk dapat menggunakan dan mengoperasikan aplikasi WMS. Selain itu, Mahasiswa juga diminta memberikan masukan dan laporan kepada BAPPEBTI terkait pendampingan aplikasi WMS yang dilaksanakan selama 30 hari.

Kegiatan kerjasama ini juga diintegrasikan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) DTPB sehingga selain pendampingan aplikasi, mahasiswa juga melakukan kerja praktik dan mengikuti kuliah topik khusus yang diselaraskan dengan studi mengenai permasalahan dalam Gudang SRG dan aplikasi WMS. 

Sebelumnya, di tahun 2023 DTPB FTP UGM dan BAPPEBTI juga melaksanakan program serupa yang menempatkan mahasiswa freshgraduate DTPB FTP UGM di 25 lokasi gudang SRG di seluruh Indonesia. Program ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk bekerja secara professional dan membantu pengembangan aplikasi WMS oleh BAPPEBTI. Program Kerjasama ini turut mendukung SDG nomor 2, 4 dan 8 secara urutan tanpa kelaparan, pendidikan berkualitas dan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.   

Kontributor : Bayu Nugraha

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.