tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Student Mobility Mahasiswa Malaysia di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem FTP UGM
Monday November 26th, 2018
0

Sebanyak empat belas mahasiswa dari Malaysia telah melaksanakan program student mobility yang dilaksanakan di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM sejak tanggal 15 sampai dengan 24 November 2018. Tujuan kegiatan ini adalah untuk benchmarking sistem pembelajaran dan materi perkuliahan serta mempererat jalinan kerjasama kedua fihak. Empat belas mahasiswa tersebut berasal dari Universitas Putra Malaysia (UPM) Kampus Serdang dan Politeknik Kota Bharu, Kelantan.

Kunjungan industri ke PT Pura Agro Mandiri

Peserta student mobility mengikuti perkuliahan, praktikum, kunjungan industri, maupun kunjungan ke masyarakat. Perkuliahan dan praktikum dilaksanakan di kelas dan laboratorium di lingkungan DTPB. Kunjungan industri dilaksanakan di PT Pura Agro Mandiri, yang merupakan mitra industri DTPB di Kudus. Di PT Pura Agro Mandiri, mahasiswa melihat kinerja mesin Control Atmosphere Storage untuk penyimpanan produk hortikultura seperti bawang, cabai, dan apel untuk mempertahankan kualitas produk hortikultura dalam waktu lama. Kunjungan ke masyarakat dilaksanakan di Desa Selopamioro yang merupakan desa binaan DTPB. Aktivitas yang ditinjau adalah program pengabdian kepada masyarakat (community development) yaitu biogas, safe water garden, dan industri rumah tangga pembuatan makanan kecil.

Praktikum pengolahan kakao

Untuk praktikum di laboratorium mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok. Mahasiswa dari Department of Agricultural and Biological Engineering (Kejuruteraan Pertanian dan Biosistem) mengikuti aktivitas di Laboratorium Energi dan Mesin Pertanian antara lain pengenalan seeder dan transplanter, pengujian daya motor diesel, praktek overhoul mesin diesel, dan praktikum rangkaian dg dioda zener. Mahasiswa dari Department of Process and Food Engineering (Kejuruteraan Proses dan Makanan) mengikuti aktivitas di Laboratorium Teknik Pangan dan Pasca Panen antara lain roasting kopi, pengolahan kakao menjadi coklat, pembuatan gula semut, dan ekstraksi glukomanan.

Kunjungan ke pengabdian masyarakat

Kegiatan ini akan ditindaklanjuti dengan rencana pengiriman mahasiswa DTPB UGM ke UPM tahun 2019 sebagai kunjungan balasan.

Kontributor: Murtiningrum
Foto: Joko Nugroho, Ardwisa

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.