tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pengembangan Desa Kare Kabupaten Madiun sebagai Desa Wisata Berbasis Kopi dan Kakao
Friday April 12th, 2019
0

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun pada tanggal 11 April 2019. Sesuai dengan program dari Kabupaten Madiun, pengabdian kepada masyarakat mengambil tema Pengembangan Desa Kare sebagai desa wisata berbasis kopi dan kakao.

Penyerahan cendera mata kepada Kepala Desa Kare disaksikan Kepala Bappeda Madiun

Acara dibuka oleh Kepala Desa Kare, Bapak Sukirman yang mengungkapkan harapan kehadiran tim ahli dari DTPB akan memajukan perekonomian desanya. Sementara itu Prof. Bambang Purwantana, Ketua Departemen TPB, menyatakan bahwa kehadiran DTPB tidak hanya sekali. Setelah pelatihan pengolahan coklat tahun lalu dan pertemuan ini DTPB berkomitmen akan mendukung pengembangan perekonomian Desa Kare secara berkelanjutan melalui perkebunan.

Kelompok tani menyimak penjelasan

Untuk mengawali pertemuan dilakukan dengan penjajagan cepat keinginan dan permasalahan yang dihadapi petani di Desa Kare yang dipimpin oleh Dr. Ngadisih. Keinginan petani secara umum adalah peningkatan kesejahteraan dari tanaman perkebunan kopi, kakao, dan cengkeh. Secara ringkas, permasalahan yang dihadapi dapat dikelompokkan menjadi infrastruktur, peralatan, permodalan, serta peningkatan ketrampilan untuk pasca panen dan kualitas produk. Berdasarkan keinginan dan permasalahan yang dihadapi, pembicara selanjutnya berturut-turut menyampaikan materi. Prof. Sigit Supadmo menyampaikan pengelolaan air dan kemungkinan pengembangan irigasi tetes. Dr. Radi menyampaikan tentang peralatan. Terakhir Dr. Sri Rahayoe menyampaikan tentang pasca panen kopi dan kakao serta Dr. Arifin menyampaikan tentang produk turunan coklat.

 

Kontributor: Murtiningrum

Foto: Mukhoirotul Khomsah

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.