tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pelatihan Uji Pompa Air Irigasi
October 2, 2018
0

Bimbingan Teknis Uji Alat dan Mesin Pertanian di Balai Besar Pengembangan Meknisasi Pertanian (BBP Mektan), Serpong – Uji Pompa Air Irigasi

Salah satu jenis alat dan mesin pertanian yang juga sangat penting adalah pompa air. Pompa merupakan alat dan mesin pertanian yang berfungsi untuk memindahkan air dari reservoir, embung, sungai, rawa, maupun tandon atau sumur ke areal pertanian yang memerlukan irigasi. Secara umum, pompa yang banyak digunakan oleh petani dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu pompa centrifugal dan pompa aksial. Pompa sentrifugal merupakan jenis pompa yang digunakan untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat yang lain melalui gerakan sudu (impeller), dimana air dialirkan dengan arah tegak lurus terhadap sumbu putar impeller. Karena air dipindahkan dengan arah tegak lurus sumbu impeller, pompa sentrifugal mampu menaikan air dengan beda ketinggian yang cukup besar (head total). Pompa ini biasanya digunakan oleh petani untuk mengairi sawah, dimana sumber air terletak dilokasi yang lebih rendah dari areal pertaniannya. Sedangkan pompa aksial merupakan jenis pompa untuk memindahkan air dengan prinsip pemindahan dengan arah sejajar dengan sumbu impeller. Pompa aksial biasanya digunakan untuk memindahkan air dengan elevasi antara sumber dengan tujuan yang hampir rata. Jika pada pompa sentrifugal memiliki kelebihan dari head-nya yang besar, pompa aksial memiliki kemampuan memindahkan air dengan debit yang lebih besar dari pompa senstrifugal untuk ukuran yang sama.

Dr. Radi di instalasi pipa hisap dan pipa outlet di Lab Pompa, BBP Mektan Serpong

Lab. Pengujian Alsintan, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), FTP UGM akan menambah ruang lingkup pengujian alat dan mesin pertanian, termasuk pompa air irigasi. Untuk mendalami prosedur pengujian pompa, DTPB mengirimkan salah satu dosen, yaitu Dr. Radi, STP., M.Eng. untuk mengikuti pelatihan pengujian alat dan mesin pertanian yang diselenggarakan oleh Sub Direktorat Pengujian dan Standarisasi Alsintan, BBP Mektan, Serpong selama seminggu penuh dari tanggal 24 hingga 28 September 2018. Dari hasil pelatihan dapat diperoleh bahwa pengujian pompa air irigasi mengacu pada SNI no 0141: 2009, yang memuat cara pengujian alat tersebut.

Penjelasan instalasi pompa di Lab Pompa, BBP Mektan Serpong

Dalam pelatihan tersebut, peserta dilatih bagaimana tata cara pengujian pompa khususnya pompa sentrifugal. Secara umum, pengujian pompa meliputi tiga tahap yaitu uji verifikasi, uji unjuk kerja, dan uji beban berkesinambungan. Uji verifikasi dimaksudkan untuk mengecek secara langsung spesifikasi alat yang diajukan oleh pemohon uji terhadap spesifikasi yang diukur secara langsung dari alat dan mesin yang diuji. Uji unjuk kerja dimaksudkan untuk mengetahui kinerja actual dari pompa tersebut, mulai dari kemamuannya menaikan air serta debit air yang dapat dipindahkan dengan variasi putaran motor penggeraknya serta menentukan efisiensi kerja maksimum dari pompa tersebut. Sedang uji beban berkesinambungan dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan pompa ketika dioperasikan pada tingkat efisiensi maksimum selama periode waktu tertentu.

Intalasi pompa yang diuji pada instalasi pengujian pompa di Lab Pompa, BBP Mektan Serpong

Selama pelatihan, peserta dikenalkan tetang bagian-bagian pompa air, macam-macam pompa air dengan variasi ukuran yang banyak digunakan oleh petani, alat-alat ukur yang digunakan untuk pengujian tersebut, meliputi torsimeter, pressure meter, flow meter, serta variable speed inverter. Setelah pengenalan, peserta diajak untuk menguji unjuk kerja pompa secara langsung, dimulai dengan instalasi pompa, cara kaliberasi instrument, pengambilan data hingga analisisnya. Dengan kombinasi teori dan praktek, materi pengujian pompa menjadi lebih mudah diterima. Semoga ilmu pengujian pompa air ini dapat dikembangkan untuk menambah lingkup pengujian alsintan di Lab Uji Alsintan di Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, FTP-UGM.

Teknisi memperagakan cara mengukur dimensi bagian-bagian impeller

 

Kontributor : Radi

 

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.