tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Kunjungan Mahasiswa S2 Teknik Pertanian ke Departemen Food Technology, Chulalongkorn University
November 10, 2018
0

Pada hari Selasa, 6 November 2018, 10 orang mahasiswa Pascasarjana Teknik Pertanian dan Biosistem melakukan kunjungan ke Departemen Food Technology, Faculty of Science, Chulalongkorn University. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk studi banding mengenai penelitian saat ini yang sedang berjalan dan kunjungan laboratorium. Kegiatan ini didampingi oleh dosen Dr. Joko Nugroho dan dipandu oleh salah satu dosen dari Departemen Food Technology, yaitu Panita Ngamchuachit, Ph.D.

Diskusi dengan Panita Ngamchuachit, Ph.D

Departemen Food Technology resmi didirikan pada tahun 1984. Hingga saat ini, departemen ini telah menghasilkan lebih dari 2.000 lulusan yang telah bekerja di lembaga pemerintahan dan perusahaan swasta untuk mengembangkan industri di bidang makanan di Thailand atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di institusi nasional dan internasional ternama.

Penyerahan kenang-kenangan

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Departemen Food Technology, Faculty of Science, Chulalongkorn University adalah mengenai “Plara”, yang merupakan produk fermentasi ikan Thailand untuk meningkatkan kecepatan pada proses fermentasi dan meningkatkan ketahanan pangan, yang dilakukan oleh Assoc. Prof. Cheunjit Prakitchaiwattana, Ph.D dan Sarn Settachaimongkon, Ph.D. Penelitian lain yang dilakukan adalah inovasi edible film dari biopolimer berbasis karbohidrat dan protein, yang dilakukan oleh Assoc. Prof. Ubonrat Siripatrawan, Ph.D, Asst. Prof Thanachan Mahawanich, Ph.D. dan Assoc. Prof. Theeranun Janjarasskul, Ph.D.

Kunjungan Laboratorium yang ada di Departemen Food Technology

Departemen Food Technology, Faculty of Science, Chulalongkorn University memiliki suatu Laboratorium penelitian dan pengujian makanan untuk melayani pengujian ilmiah yang terstandarisasi dan tersertifikasi untuk produk industri. Kompetensi ilmiah dari departemen ini meluas ke berbagai industri yang dapat berkisar dari bahan baku hingga makanan atau perusahaan farmasi. Di laboratorium ini melayani dengan menggunakan peralatan yang berstandar, instrumen analisis tingkat lanjut degan karyawan yang terlatih dan telah berpengalaman.

Kontributor: Arina Fatharani & Dwi Rahayu
Foto: Joko Nugroho & Donnie Koes Nugraha

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.