tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Penyelenggaraan Annual Regional Convention dan Pekan Teknik Pertanian Nasional X
November 13, 2018
0

Pencapaian Sustainable Development Goal di Indonesia, memerlukan partisipasi dari seluruh masyarakat termasuk mahasiswa. Oleh karena itu, seorang mahasiswa teknik pertanian memiliki peran penting untuk mengambil bagian dalam pembangunan pertanian. Salah satu cara agar mahasiswa lebih terlibat dalam pembangunan pertanian adalah mengadakan forum pertemuan antar ahli dan peneliti untuk bertukar pikiran dalam meningkatkan peran taknik pertanian dan biosistem dalam pencapaian pertanian berkelanjutan.
Perhimpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia (PERMATETA) yang merupakan organisasi mahasiswa teknik pertanian di Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Ann ual Regional Convention (ARC) yang merupakan pertemuan mahasiswa teknik pertanian se-Asia Tenggara. Penyelenggaraan ARC tahun 2018 bertepatan dengan penyelenggaraan Pekan Teknik Pertanian Nasional (PTPN) yaitu pertemuan tahunan Ikatan Mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia (IMATETANI), pada tahun ini merupakan PTPN yang kesepuluh. Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk menyatukan mahasiswa teknik pertaniam dan biosistem dari seluruh Indonesia dan Asia Tenggara agar dapat bersinergi menjalankan fungsinya dalam pengembangan ilmu, pengetahuan, dan teknologi lingkup teknik pertanian.
Rangkaian acara ARC dan PTPN X diselenggarakan di Yogyakarta oleh PERMATETA dengan dukungan Perhimpunan Teknik Pertanian (PERTETA) Cabang Yogyakarta dan Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) UGM. ARC dan PTPN X dibuka oleh Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Prof. Dr. Eni Harmayani, pada tanggal 12 November 2018. Acara pembukaan ARC dan PTPN XI juga dihadiri oleh Asisten Keistimewaan Setda DIY, Dr. Ir. Didik Purwadi M. Ec mewakili Gubernur DIY. Rangkaian acara terdiri dari seminar, kompetisi produk antar mahasiswa, pameran hasil karya mahasiswa, pertemuan-pertemuan formal maupun informal, malam kebudayaan, serta kunjungan lapangan yang berlangsung dari tanggal 12 sampai 14 November 2018.

Kontributor: Murtiningrum

Foto: Mukhoirotul Khomsah

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.