tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Patriasia Hesti, Mahasiswa Pascasarjana Teknik Pertanian, menjadi best presenter di Seminar Internasional ICASEA Malaysia
December 17, 2018
1

Sabah- Malaysia, 9 Desember 2018. Bertempat di Tabung Haji Hotel (TH Hotel), Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia, Global Academic Excellence (GAE) menyelenggarakan acara seminar internasional 7th International Conference on Applied Sciences and Engineering Application (7th ICASEA). Acara ini memberikan kesempatan kepada akademisi, peneliti dan praktisi untuk berkolaborasi, bertukar serta berbagi pengalaman dari hasil penelitiannya dalam semua bidang  keteknikan dan ilmu pengetahuan terapan. Acara ini diikuti 20 peserta dari berbagai Negara. Dari Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Prodi Pascasarjana mengirimkan dua mahasiswanya, yaitu Sari Virgawati (Mahasiswa Doktoral) dan Patriasia Hesti untuk memaparkan hasil penelitiannya.

Sesi presentasi

Acara yang berlangsung selama dua hari ini ditutup dengan memberikan penghargaan kepada beberapa kategori terbaik, salah satunya adalah best presenter yang pada kesempatan kali ini diberikan kepada saudari Patriasia Hesti Tri Nugraheni, yang mempresentasikan penelitiannya dengan judul “Mapping The Variable-Rate Application (VRA) Of Precision Fertilizing For Soybean”. Materi yang disampaikan mengulas mengenai pemupukan tanaman kedelai yang masih menggunakan rekomendasi pemupukan pada umumnya, dimana tidak semua  lahan pertanian membutuhkan dosis pupuk yang sama. Oleh karena itu, dilakukan pengukuran kadar N, P dan K tanah pada lahan seluas 1000 m2 yang dipetakkan 10m x 10m untuk melihat sebaran kadar N, P dan K tanah, kemudian dibuat peta rekomendasi pupuk untuk tiap – tiap petak agar lebih presisi.

Pasca presentasi

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan peta rekomendasi pemupukan untuk tanaman kedelai secara presisi, sehingga tanaman kedelai mendapatkan dosis pemupukkan yang tepat. Diharapkan pengalaman mendapatkan penghargaan ini dapat memotivasi semua pihak untuk berkarya lebih giat dan lebih baik lagi.

 

Kontributor: Patriasia Hesti

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

  1. Selamat ya Hestti, hebat dan mantap