tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Inisiasi Kerjasama dengan PT Pupuk Kaltim dalam Pengembangan Portal Pertanian Presisi
January 27, 2019
0

Yogyakarta, 25 Januari 2019. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada menerima kunjungan dari PT Pupuk Kaltim Bontang, yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Dwi Rusiawan, MT, Manajer ERP PT PKT. Turut hadir juga tim teknis dari Gamatechno sebagai tim pelaksana pembuatan sistem yang sedang dikembangkan di PKT terkait dengan Pertanian Presisi. Adapun tujuan dari pertemuan kali ini adalah untuk menginisiasi kerjasama terkait dengan materi konten untuk portal digital yang dikembangkan oleh PKT tersebut.

Prof. Bambang Purwantana selaku ketua Departemen menyambut baik ini inisiasi kerjasama ini, beliau membuka forum diskusi dengan terelebih dahulu mengenalkan profil departemen dan mengenalkan member yang terkait dengan bidang Smart Agriculture: Prof. Lilik Soetiarso, Dr. Andri Prima Nugroho, dan Dr. Radi. Pada kesempatan kali ini, didiskusikan juga potensi-potensi apa saja yang sekiranya dapat ditindak lanjuti untuk dikerjakan bersama-sama.

Diskusi antara tim Smart Agriculture UGM dengan PKT dan Gamatechno

Kegiatan bersama akan mulai dilaksanakan dalam waktu dekat dengan partisipasi tim ahli dari DTPB UGM untuk berperan sebagai kontributor dan Expert pada portal pertanian presisi yang dikembangkan. Selain berkontribusi sebagai penulis, tim ahli juga memfasilitasi diskusi dan tanya jawab terkait topik pertanian presisi. Kegiatan jangka panjang berupa penelitian terkait implementasi pertanian presisi pada komoditas hortikultura akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan-pertemuan selajutnya.

Pak Rusiawan mengungkapkan bahwa: Ada banyak kesamaan visi dan tujuan dari portal informasi pertanian yang dibangun di PKT dengan apa yang dikerjakan di DTPB UGM, olehkarena itu harapannya apa yang sudah ada dapat disinergikan dan dilengkapi bersama, tidak terbatas pada portal ini saja, namun pada penelitian lain yang sekiranya bisa dikerjakan bersama.

Kontributor: AN

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.