tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pengalaman Mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem pada Hanyang International Winter School
April 3, 2019
0

Salah satu mahasiswa Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem angkatan 2015, Shafira Septyastuti, telah mengikuti Hanyang International Winter School di Hanyang University 17 Januari – 2 Februari 2019. Berikut penuturan Shafira.

Kelas Strategic Management bersama Professor Tae Jun Bae, Ph.D

Mendapatkan kesempatan untuk belajar di Korea Selatan merupakan salah satu impian saya. Korea Selatan adalah negara yang dikenal dengan KDrama dan Kpop, sehingga banyak kaum muda yang ingin ke negara tersebut. Saya mengikuti program Hanyang International Winter School di Hanyang University selama dua minggu. Kampus tersebut terletak di Seoul, pusat kota Korea Selatan, yang merupakan salah satu kampus terbesar di Korea Selatan. Selama di sana saya tinggal di Dorm Universitas yang hanya berjarak sekitar 10 menit dari kampus.

Di Depan Hanyang University

Terdapat beberapa mata kuliah yang ditawarkan dalam program tersebut. Saya tertarik mengambil mata kuliah “Strategic Management” yang akan saya terapkan dalam ilmu saya di bidang Teknik pertanian. Tentunya sistem perkuliahan disana berbeda dengan di Indonesia. Dalam perkuliahan tersebut, kita dituntut untuk aktif dengan melakukan presentasi-presentasi dalam kelas tersebut. Selain itu, kita dituntut untuk selalu belajar setiap hari karena sebelum memulai perkuliahan diadakan kuis terlebih dahulu. Program ini diikuti oleh berbagai negara, diantaranya adalah Australia, China, Singapore, Greece, dan lain sebagainya. Sehingga, saya dapat bertukar informasi, budaya, dan menambah relasi dari berbagai negara. Untuk peserta dari Indonesia sendiri berasal dari UGM dan UI.

Belajar bermain ski

Kuliah saat musim dingin tidak semudah yang dibayangkan, tetapi hal tersebut menjadi pengalaman yang berharga yang tidak akan ditemukan di Indonesia. Selain kegiatan kuliah, saya juga mengikuti kegiatan lain seperti belajar budaya Korea Selatan dan belajar ski. Di akhir program terdapat graduation day dimana peserta telah menyelesaikan program Hanyang International Winter School. Program ini tidak hanya sekedar memperkenalkan budaya korea saja tetapi juga banyak ilmu yang didapat dari mengikuti program ini. Harapan saya untuk mahasiswa TPB adalah lebih berani untuk mengikuti program program skala international untuk meningkatkan ilmu, pengalaman, relasi, dan skill bahasa.

Kontributor: Shafira Septyastuti

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.