Staff Mobility Dosen Teknik Pertanian dan Biosistem ke Austria

Kegiatan staff mobility exchange dilaksanakan di University of Natural Resources and Life Sciences (BOKU) Vienna, Austria, berlangsung selama 11 hari mulai dari Tanggal 18 Juli – 29 Juli 2021. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dari Program Erasmus + dan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) yang melibatkan dua orang dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Dr. Ngadisih dan Dr. Hanggar. Aktivitas kegiatan selama di BOKU meliputi pelatihan sekaligus pembahasan kerjasama penelitian lebih lanjut antara BOKU dan UGM di bidang teknik pertanian dan biosistem. Melalui penguatan kerjasama dari kedua universitas diharapkan kolaborasi penelitian dapat berlanjut sehingga memberikan manfaat bagi mahasiswa di kedua universitas dalam mendukung peningkatan metode pembelajaran yang berbasis riset. Tidak hanya bagi mahasiswa, kegiatan kerjasama ini juga dapat meningkatkan pengalaman dan kompetensi dosen selama menjalani kegiatan pelatihan dan mengajar.

Penjelasan mengenai teknik isotope di IAEA


Kegiatan pelatihan kali ini bertujuan untuk menindaklanjuti penelitian terkait reklamasi lahan bekas tambang timah di Pulau Bangka sekaligus secara khusus untuk mendukung Kegiatan PK-KM dengan tema “Pengembangan Pusat Industri Pertanian berbasis Teknologi Smart pada Cokelat Sehat”. Pelatihan dilakukan pada pusat-pusat riset seperti Department fur Wasser (air), Atmosphere (atmosfer) und Umwelt (lingkungan) BOKU dan International Atomic Energy Agency (IAEA) Division of Nuclear Techniques in Food and Agriculture, serta pada laboratorium-laboratorium alam seperti Rosalia Forest dan Bundesamt fur wasserwirtchaft. Pada kesempatan ini peserta diberikan kesempatan untuk mengamati alat pengolahan limbah berbasis biogas dan teknik Isotope berbasis teknologi nuklir dalam memprediksi kelembapan dan parameter tanah yang sangat bermanfaat untuk melihat potensi erosi lahan. Selain itu, peserta juga melakukan pengamatan emisi GHG (Greenhouse Gas) dan pengamatan erosi pada daerah tangkapan air.

Pengamatan data hidrologi dan klimatologi di Bundesamt fur wasserwirtchaft

Kegiatan pelatihan ini telah banyak memberikan masukan untuk mendukung pegembangan industri cokelat sehat khususnya di bidang budidaya lahan, yaitu cara melakukan identifikasi cemaran cadmium yang tinggi pada tanaman kakao dan teknik untuk menurunkan konsentrasinya. Banyak sekali manfaat yang diperoleh melalui kegiatan pelatihan ini, namun ada kesan paling mendalam yang dirasakan khususnya bagi kedua dosen yang melakukan staff mobility exchange kali ini yaitu pentingnya kolaborasi dalam riset “There is no such thing as a self-made man”. Selanjutnya akan terus dilakukan kolaborasi untuk menjamin keberlanjutan riset dengan rangkaian kegiatan yang lebih intensif.

Penjelasan mengenai erosi lahan di hulu Daerah Tangkapan Air kawasan Petzenkirchen

 

Teknik pengambilan sampel sedimen


Kontributor: Hanggar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.