Tanya Pakar Seri-6: Tantangan dan Peluang Bidang Teknik Pangan untuk Penyelesaian Masalah di Industri Pangan

Sebagai negara tropis, Indonesia mempunyai kekayaan alam hayati melimpah yang merupakan bahan baku untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia khususnya dibidang pangan. Beberapa produk olahan pangan yang bahan bakunya tersedia melimpah diantaranya cokelat dan gula merah (palm sugar). Kedua produk ini sudah dikenal oleh masyarakat dunia sebagai bahan pangan yang penting. Tingginya permintaan cokelat dan gula merah baik di tingkat domestik ataupun internasional merupakan bukti bahwa kedua produk ini sangat dibutuhkan. Meskipun bahan baku kedua produk ini tersedia melimpah di Indonesia, sejumlah permasalahan masih banyak ditemukan dalam proses produksi bahan baku ataupun pengolahan cokelat dan gula merah.

Permasalahan ini diangkat menjadi topik pada acara Tanya Pakar Seri-6 yang diselenggarakan oleh Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB), Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tanggal 19 Agustus 2020. Seri ini menghadirkan dua narasumber dosen TPB FTP UGM dari Laboratorium Teknik Pangan dan Pasca Panen yaitu Dr. Sri Rahayoe yang mempresentasikan materi dengan judul “Upaya Peningkatan Mutu Gulasemut (Gula Kristal) Berbasis Nira Palma melalui Perbaikan Metode Pengolahan” dan Dr. Arifin Dwi Saputro  yang mempresentasikan materi dengan judul “Permasalahan Industri Hilir Kakao dan Cokelat di Indonesia: Processing Perspectives“. Rekaman acara Talk Show Tanya Pakar Seri-6 dapat dilihat pada video berikut ini.

Kedua narasumber memaparkan presentasi seputar permasalahan dan riset-riset terkininya tentang cokelat dan gula merah. Beberapa teknologi tepat guna pengolahan cokelat dan gula merah juga telah dikembangkan oleh Laboratorium Teknik Pangan dan Pasca Panen DTPB FTP UGM baik melalui kerjasama kemitraan dengan pemerintah pusat, pemeritah daerah, petani ataupun melalui kegiatan pemberdayaan dan pengabdian kepada masyarakat.

Download materi:
1. Dr. Sri Rahayoe: Upaya Peningkatan Mutu Gulasemut (Gula Kristal) Berbasis Nira Palma melalui Perbaikan Metode Pengolahan
2. Dr.  Arifin DS: Permasalahan Industri Hilir Kakao dan Cokelat di Indonesia: Processing Perspectives

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.