Pengabdian Masyarakat Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem di Pondok Pesantren Al Barokah Magelang

Pada hari Selasa 29 Maret 2022, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) FTP UGM mengadakan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren Al Barokah yang berlokasi di Dukun, Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Tim DTPB terdiri dari dosen, teknisi, dan administrasi. Dosen yang berpartisipasi adalah Makbul Hajad, Ph.D., Dr. . Murtiningrum, Dr. Devi Yuni Susanti, dan Prof. Dr. Bambang Purwantana. Teknisi yang berpartisipasi adalah Musyrifah Kurniawati, SE., Heriyanto, dan Sanyoto serta tenaga adminitrasi Hanifah, S.Ak. Hadir sebagai peserta pengurus pondok pesantren, ustadz dan beberapa santri.

Penyerahan kenang-kenangan

Sebagai pengantar Dr. Makbul menyampaikan tujuan bahwa pengabdian masyarakat ini bertujuan mendampingi Pondok Pesantren Al Barokah Magelang dalam mengoptimalkan produksi makanan. Pengurus Pondok Pesantren Al Barokah, Bapak Joko dan Ibu Nurhayati mengharapkan kehadiran tim DTPB memberikan pendampingan produksi yang lebih efisien dan tepat guna.

Diskusi pemeliharaan mesin penepung

Pondok Pesantren Al Barokah mengelola lahan tanaman cabai seluas 2500 m2 yang diairi dengan sistem irigasi tetes sekaligus sebagai fertigasi. Pada kesempatan ini Dr. Murtiningrum memberikan evaluasi penggunaan irigasi tetes. Saat ini hasil panen cabai dijual segar karena permintaan pasar dan harga cukup tinggi. Pada saat harga cabai jatuh, cabai diolah menjadi abon cabe dengan pengering yang telah dipasang. Dalam kesempatan ini Prof. Bambang, Dr. Devi, dan Dr. Makbul memberikan arahan penggunaan mesin pengering termasuk penyetelan otomasi, pengaturan temperatur, penggunaan rak, dan pengaturan ventilasi. Selain untuk mengeringkan abon cabe, mesin pengering juga dipakai untuk mengeringkan rengginang. Selain itu juga dibahas penggunaan mesin penepung, antara lain konsumsi energi, penggunaan mesin untuk berbagai produk pertanian, dan perawatan mesin penepung. Sebagai tambahan Dr. Devi menunjukkan bebagai jenis kemasan dan pemakaiannya.

Pertemuan diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari DTPB untuk Pondok Pesantren Al Barokah yang diserahkan oleh Dr. Makbul dan diterima oleh Bapak Joko.

Penyampaian materi pengemasan

Kontributor: Murtiningrum

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.