Kuliah Tamu Smart Agriculture – Plant Phenotyping for The Next Smart Agriculture oleh Prof. Takashi Okayasu, Ph.D dari Kyushu University.

Yogyakarta, 16 Desember 2022. Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada melalui Implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka 2022 menyelenggarakan Guest Lecture Series – Special Lecture on Smart Agriculture dengan menghadirkan Dosen Tamu dari Kyushu University, Prof. Takashi Okayasu, Ph.D, dari Laboartorium Agricultural Machinery and Production Systems Design Lab, Department of Agro-environmental Sciences, Faculty of Agriculture.

Materi yang disampaikan oleh Prof. Takashi Okayasu

Kuliah tamu diselenggarakan secara online pada 16 Desember 2022 jam 13:00 WIB atau 15:00 JST dan dipandu oleh moderator Dr. Andri Prima Nugroho dari Smart Agriculture Research, Department of Agricultural & Biosystems Engineering UGM. Acara dibuka secara resmi oleh Prof. Lilik Sutiarso yang juga peneliti dalam bidang Smart Agriculture, beliau memberikan arahan terkait implementasi dan juga kolaborasi mendatang tentang smart farming yang akan dilaksanakan tahun depan antara Departmen Teknik Pertanian dan Biosistem dengan Kyushu University.

Paparan teknis riset di Kyushu University

Prof. Takashi Okayasu Menyampaikan Materi mengenai Plant Phenotyping for The Next Smart Agriculture, sesuai dengan kebidangan dan juga kompetensi di Laboratorium yang dikembangkannya. motivasi riset pada bidang Smart Agriculture serta plant phenotyping menjadi topik bahasan menarik dengan konteks implmementasi pada pertanian praktisnya.

Peserta yang hadir sektiar 20 orang terdiri dari mahasiswa, praktisi, dan juga peneliti Smart Agriculture dari universitas di Indonesia turut berdiskusi mengenai teknologi pertanian dan plant phnenotyping serta aplikasi pada pertanian presisi di Indonesia.

Dengan adanya kuliah tamu dengan mendatangkan dosen tamu asing dengan kebidangan yang sesuai ini diharapkan dapat memberikan gambaran baru serta membuka wawasan penerapan Smart Agriculture secara lebih luas. Selain gambaran, juga memberikan inspirasi penerapan yang riil dalam ranah riset serta implementasinya di lapangan.

Kontributor: AN.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.