[:id]Tim Laboratorium Uji Pascapanen DTPB Uji Mesin Controlled Atmosphere Storage di PT Barutama Kudus[:en]Team of Postharvest Laboratorium Test DTPB Tested Controlled Atmosphere Storage Machine in PT Barutama Kudus[:]

Laboratorium Uji Pascapanen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM seringkali melakukan pengujian berbagai alat dan mesin pascapanen di Indonesia. Berdiri berdasarkan SK Menteri Pertanian No: 05/Permentan/OT.140/1/2007, laboratorium ini memiliki kewenangan untuk melakukan pengujian mesin dan peralatan pascapanen. Dengan peralatan dan kemampuan tim penguji yang profesional, laboratorium ini diketuai oleh Dr. Joko Nugroho, STP, M.Eng.

Dr. Nursigit Bintoro memberikan pengarahan sebelum pengujian CAS
Unit CAS yang diuji

Pada hari Sabtu, 15 September 2018, tim Uji yang dipimpin oleh Dr. Nursigit Bintoro dan Dr. Arifin Dwi Saputro melakukan pengujian Mesin CAS (Controlled Atmosphere Storage) di PT. Pura Barutama, Kudus. Mesin CAS adalah sebuah mesin yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai produk pascapanen, seperti sayur dan buah-buahan dengan tujuan untuk memperpanjang umur simpan. Dengan adanya mesin ini, umur simpan produk bisa bertahan sampai beberapa bulan. Di dalam mesin ini, gas oksigen, karbondioksida dan etilen diatur komposisinya. Selain itu, suhu dan kelembaban juga dijaga pada level tertentu. Hal ini membuat tingkat respirasi produk sayur dan buah dapat ditekan, sehingga umur simpan bisa lebih lama. Pada kesempatan kali ini, kinerja mesin CAS diuji untuk penyimpanan cabai dengan kapasitas maksimal 7,5 ton. Selama minimal 3 bulan, kinerja mesin CAS akan dievaluasi dengan melihat kualitas cabai yang tersimpan di dalamnya.

Cabai merah sebagai bahan pengujian CAS
Pemasangan alat ukur

Kontributor : Ardwisa

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.