Tim PKM Teknik Pertanian Meneliti Potensi Air di Wilayah Karst untuk Meningkatkan Hasil Pertanian di Wilayah Gunungkidul

Kelompok mahasiswa Teknik Pertanian Universitas Gadjah Mada meneliti tentang potensi air di wilayah karst Gunungkidul. Kelompok mahasiswa terdiri dari Bondan Satria Pamungkas, Rizky Dian Ramadhan, Bernadetha Grace Wisdayanti, Yosia Sinthabella dari Program Studi Teknik Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian serta Aldian Fahrialam dari Program Studi Teknik Geologi, Fakultas Teknik. Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini masuk kategori penelitian saintek (Riset – Eksakta). Penelitian dilaksanakan di bawah bimbingan Dr. Hanggar Ganara Mawandha, S.T., M.Eng., Dosen Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB).

Tim PKM Air Tanah Karst

Menurut Bondan, ketua tim pelaksana, latar belakang penelitian ini adalah Gunung Kidul yang merupakan kabupaten terkering, namun sebenarnya menyimpan potensi air yang menjanjikan. Kabupaten ini memiliki kekhasan berupa bentangan tanah karst yang luas, dengan ciri khas sungai atau aliran air bawah tanah. Selain itu, kegiatan pertanian di daerah ini menjadi sektor yang diandalkan masyarakat sebagai sumber penghidupan. Oleh karena itu, penelitian yang berjudul Pemanfaatan Data Satelit dan Foto Udara untuk Identifikasi Potensi Air dalam menunjang Keberlanjutan Pertanian di Wilayah Karst Gunungkidul ini menjadi penting untuk dilakukan Bondan dan tim.

Proses pengerjaan penelitian


Metode yang digunakan adalah pengolahan data spasial dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Salah satu rangkaian penelitian yang dilakukan adalah pengumpulan foto udara 6 luweng/sinkhole yang diharapkan representatif terhadap luweng di seluruh kabupaten Gunung Kidul. Foto udara ini kemudian diolah dengan software SIG sehingga menghasilkan luaran berupa peta yang dapat memberikan informasi keberadaan luweng/sinkhole. Keberadaan luweng/sinkhole kemudian disesuaikan dengan data curah hujan menggunakan metode komposit, kemudian dianalisis dengan metode Poligon Thiessen hingga diketahui curah hujan rata-rata yang menggambarkan potensi air di area tersebut. Selain itu, juga dianalisis jenis dan tekstur tanah yang menggambarkan kesuburan fisik tanah, seperti porositas, aerasi, infiltrasi, penyimpanan air, dll. Luaran penelitian ini berupa artikel ilmiah yang memberikan informasi dan juga pengetahuan untuk mendukung penelitian selanjutnya.

Kontributor: Bondan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.