Kuliah Tamu Internasional dalam Rangka PKKM Teknik Pertanian Bertema Nature Based Solution for Sustainable Development

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menggelar kuliah tamu internasional dalam rangka implementasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Teknik Pertanian 2022. Kuliah tamu yang mengambil tema ”Nature Based Solution for Sustainable Development” ini disampaikan oleh tiga pembicara, yaitu Dr. Ho Huu Loc (Asian Institute of Technology, Thailand), Dr. Ho Ngoc Son (Thai Nguyen University of Agriculture and Forestry, Vietnam), dan M. Rasyid Ridla R., S.T.P, M.Sc. (Indonesian Sugar Research Institute). Acara ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom pada hari Senin, 12 Desember 2022 dengan moderator Dr. Muhamad Khoiru Zaki, dosen DTPB FTP UGM.

Pada kesempatan ini Dr. Ho Huu Loc menyampaikan materi berjudul Nature-based solutions for sustainable development of the Global South: A short review for water management & future outlooks. Dalam kuliahnya, Dr. Loc memaparkan mengenai nature-based solutions (NbS) dalam pembangunan berkelanjutan khususnya di Global South dalam beberapa bagian yaitu pendahuluan, review, studi kasus, proyek yang sedang berjalan, dan padangan di masa depan.

Kuliah Tamu DTPB FTP UGM

Dr. Ho Ngoc Son mempresentasikan materi berjudul Nature-based solutions for food security and climate change resilience: The potential of syntropic food forests. Dalam kuliahnya, Dr. Son memaparkan signifikansi dan prinsip NbS, kerangka kerja International Union for Conservation of Nature (IUCN) untuk menilai proyek dan praktik NbS, dan studi kasus NbS khususnya untuk hutan makanan sintropis.

Pemateri ketiga yaitu M. Rasyid Ridla R., S.T.P., M.Sc menyampaikan materi berjudul Sustainable sugarcane industry in tropical region of Indonesia. Kuliah dibagi ke dalam beberapa sub-materi yaitu arsitektur industri gula di Indonesia, permasalahan industry gula di Indonesia, strategi dalam penyelesaian masalah industri gula di Indonesia, dan program penelitian di Indonesia.

Kuliah tamu internasional ini diikuti lebih dari 100 peserta dengan latar belakang mahasiswa dan dosen baik dari Indonesia maupun Vietnam. Seluruh peserta antusias dalam mengikuti jalannya perkuliahan dan sesi diskusi. Diharapkan kuliah tamu ini memperkaya wawasan mengenai peran nature-based solution dalam pembangunan berkelanjutan.

Kontributor: Ansita Gupitakingkin Pradipta

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.