Mahasiswa dan Teknisi DTPB Ikuti Pelatihan Pemeliharaan CN Analyzer & Analisis N Tersedia dalam Tanah

Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem Fakultas Teknologi Pertanian UGM bersama Universität für Bodenkultur (BOKU) Wina, Austria pada tanggal 5-7 Februari 2024 mengadakan Pelatihan Pemeliharaan CN Analyzer  & Analisis N Tersedia dalam Tanah. Pelatihan ini merupakan wujud kerja sama antara kedua instansi dan diikuti oleh Mahasiswa sarjana, pascasarjana dan teknisi Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada. Dr. Orracha Sae-Tun merupakan salah satu peneliti di BOKU Wina, Austria menjadi mentor dalam pelatihan kali ini.

Dr. Orracha memberikan materi dasar kimia tanah kepada peserta

Hari pertama dimulai dengan penjelasan konsep kimia dasar dan cara kerja dari mesin C-N analyzer untuk memisahkan carbon dan nitrogen dalam sampel dari komponen lainnya. Dalam pembekalan materi kimia dasar tanah, peserta tampak antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan dan mengikuti secara seksama penjelasan dari Orracha. Selain itu, teknisi mendapat pelatihan tentang pemeliharaan C-N analyzer. Kegiatan Pelatihan hari pertama di akhiri dengan menyiapkan sampel tanah dari Bangka untuk dilakukan ekstraksi di hari esoknya.

Pelatihan hari kedua dimulai dengan penyegaran Kembali materi yang telah dipelajari di hari sebelumnya, peserta pelatihan sangat cepat mengikuti kembali materi. Setelah itu, peserta melakukan proses ekstraksi ammonium dari sampel tanah yang telah disiapkan di hari sebelumnya. Peserta mengikuti secara seksama dan teliti instruksi dari panduan dan arahan dari Orracha dalam mengekstraksi ammonium dari tanah. Hasil ekstraksi ini kemudian disimpan untuk percobaan di hari berikutnya.

Persiapan sampel tanah yang akan digunakan dalam pelatihan

Pada hari terakhir pelatihan, peserta dilatih menggunakan perlengkapan yang akan digunakan dalam proses analisis ammonium. Secara bergilir peserta secara antusias mencoba peralatan tersebut hingga terbiasa untuk mencegah adanya kontaminasi pada sampel yang akan dianalisis. Setelah itu, peserta berpindah ke Laboratorium Kualitas Bahan Pangan FTP UGM di mana sampel ekstraksi tanah diujikan pada micro plate reader. Hasil yang didapatkan kemudian diolah bersama-sama dipandu oleh Dr. Orracha.

Pelatihan penggunaan alat-alat laboratorium

Salah satu peserta pelatihan Yunita Nur Azizah merupakan mahasiswi S1 Teknik Pertanian mengungkapkan keantusiasan mempelajari ilmu baru mengenai kimia tanah dan kolaborasi bersama BOKU. Yunita juga mengungkapkan bahwa penjelasan yang diberikan oleh Dr. Orracha sangat jelas, detail, dan mudah untuk dipahami. Kedepannya Yunita berharap bahwa ilmu yang didapatkan selama pelatihan ini mampu membantunya dalam kegiatan akademis dan penelitiannya.

Peserta memindahkan larutan sampel ke dalam micro plate reader

Kontributor : Yunita Nur Azizah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.