Kolaborasi Internasional: Penggunaan Model dan Simulasi pada Bidang Teknik Pertanian

(29/3/2024) Departemen Teknik Pertanian & Biosistem FTP UGM, mengundang Prof. Hajah Rosnah Shamsudin dari Department of Process and Food Engineering, Universiti Putra Malaysia (UPM) untuk memberikan kuliah tamu secara daring dan luring. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dari peringatan Dies Natalis Fakultas Teknologi Pertanian ke-61. Pada kesempatan tersebut Prof. Rosnah berkesempatan untuk menjelaskan mengenai penggunaan Model dan Simulasi pada Bidang Teknik Pertanian, khususnya penggunaan model kinetika selama pencucian padi dalam proses pembuatan Parboileed Rice

Penyampaian materi oleh Prof. Rosnah

Kuliah tamu secara luring yang diselenggarakan di Ruang 384 Gedung FTP dihadiri oleh Mahasiswa Program Pascasarjana serta Mahasiswa Program Sarjana FTP. Pada kuliah tamu ini Prof. Rosnah menekankan, dalam penentuan model harus memperhatikan kesesuaian model dengan fenomena yang kita amati. Hal yang dapat menjadi indikator kesesuaian model adalah hubungan yang kuat antara nilai berdasarkan model yang kita pilih dengan nilai yang kita amati (observasi). Selain itu juga dengan melihat error antara nilai berdasarkan model yang kita pilih dengan nilai observasi. Prof. Rosnah juga menekankan pentingnya memeriksa model yang kita gunakan dengan membandingkan dengan dengan penelitian sejenis. Kuliah tamu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta. Acara diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta kuliah. 

Suasana kuliah tamu oleh Prof. Rosnah

Kuliah tamu secara daring dilakukan untuk mendukung Massive Open Online Course (MOOC) yang saat ini sedang digencarkan di UGM. Harapannya dengan adanya kuliah secara daring ini, materi pembelajaran dapat diakses oleh kalangan yang lebih luas. Proses pembuatan Video Pembelajaran ini dilakukan di ruangan MOOC FTP UGM.  Kegiatan kuliah tamu ini diharapkan mampu mendukung peningkatan mutu pendidikan (Quality Education (SDGs 2)) khususnya di lingkungan Departemen Teknik Pertanian & Biosistem.

Proses Perekaman Video MOOC

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.