tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pembentukan Organisasi Alumni Teknik Pertanian
Saturday February 17th, 2018
0

Organisasi alumni merupakan bagian penting dari suatu institusi pendidikan tinggi. Organisasi alumni menjadi wadah bagi alumni untuk berkomunikasi dan saling mengisi. Pengalaman alumni menerapkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah merupakan umpan balik bagi proses pendidikan dan pengajaran. Secara umum alumni Unversitas Gadjah Mada telah mempunyai organisasi yaitu KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada) yang telah berkiprah di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia. Fakultas Teknologi Pertanian telah mempunyai KAGAMATP (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Teknologi Pertanian) sebagai wadah alumni di Fakultas Teknologi Pertanian.

Meskipun aktivitas alumni Teknik Pertanian dan Mekanisasi Pertanian secara umum sudah dapat diwadahi melalui KAGAMA dan KAGAMATP, masih ada hal-hal yang sangat spesifik yang memerlukan wadah khusus bagi alumni Teknik Pertanian dan Mekanisasi Pertanian. Pada Jumat malam 16 Februari 2018 bertempat di Jogja National Museum, alumni Teknik Pertanian dan Mekanisasi Pertanian UGM bersepakat untuk membentuk organisasi alumni. Kesepakatan ini dicapai pada malam temu alumni yang dilaksanakan sebagai rangkaian Agricultural Engineering Week (AEW) 2018.

Alumni Teknik Pertanian dan Mekanisasi Pertanian pada acara temu alumni

Pada kesempatan tersebut telah dipilih 5 orang sebagai formatur yaitu Hasan Al-Bana (2007), Budi Wijayanto (1995), Mahargono (1987), Joko Nugroho (1988), dan Hilda Maya (2012). Formatur bertugas menyusun kepengurusan lengkap dan menentukan nama untuk organisasi ini. Dengan terbentuknya organisasi alumni diharapkan peran alumni Teknik Pertanian dan Mekanisasi akan lebih nyata antara lain memberikan masukan pada proses pembelajaran di Program Studi Teknik Pertanian, mendukung branding Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, memberikan informasi tentang dunia kerja pada mahasiswa, serta menyediakan informasi tentang kerja praktek dan penelitian. Dalam waktu dekat, alumni teknik pertanian akan berpartisipasi pada proses akreditasi program studi baik tingkat nasional melalui BAN-PT maupun tingkat internasional melalui ABET.

Formatur organisasi alumni teknik pertanian

 

Kontributor: Murtiningrum

Foto: Joko Nugroho

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.