tpb@ugm.ac.id +62-274-563-542
"English "Indonesia
Pengembangan Kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Syah Kuala
November 5, 2018
0

Pengembangan Kerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Syah Kuala, Aceh.
Jurusan Teknik Pertanian merupakan salah satu jurusan di Fakultas Pertanian (FP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh yang sedang mengembangkan berbagai penelitian tentang irigasi dan hidrologi di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pada tanggal 12 Oktober 2018, Fakultas Teknologi (FTP) Universitas Gadjah Mada (UGM) menandatangani Nota Kesepahaman sebagai landasan kerjasama antara Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem (DTPB) dengan Jurusan Teknik Pertanian Unsyiah. Nota kesepahaman atau MoU ditandantangani oleh Dekan FTP UGM dan Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah untuk kegiatan penelitian dan pendidikan.

Pembicaraan Tim DTPB dengan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Syah Kuala

Bentuk pelaksanaan kerjasama tersebut adalah pengembangan penelitian bertopik irigasi. Pertama, TPB diberi mandat oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendampingi Jurusan Teknik Pertanian Unsyiah dalam melaksanakan Gerakan Cinta Operasi dan Pemeliharaan Irigasi (CinOP). Pada tahun 2018, untuk pertama kalinya Unsyiah melaksanakan program CinOP. Dalam program ini, FP Unsyah mengangkat kearifan lokal dalam pengelolaan irigasi di Aceh sebagai keunggulan institusi Unsyiah. Topik riset tersebut dilaksanakan bersama di Daerah Irigasi Krueng Jreu, Ranting Dinas Pengairan Indrapuri, Aceh Besar.

Tim pelaksana kerjasama penelitian UGM – Unsyiah

Di samping penelitian, juga akan dilaksanakan kerjasama akademik dalam bentuk student mobility dan staff mobility. Dalam staff mobility akan dibahas pengembangan kurikulum Teknik pertanian dan biosistem untuk masa yang akan datang.

Daerah Irigasi Krueng Jreu

Kontributor dan foto : Lilik Sutiarso
Editor : Murtiningrum

comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.