Visitasi Asesmen ISO/IEC 17025:2017 Laboratorium Uji Pascapanen FTP UGM

[:id]

Kamis-Jumat, 23-24 Juni 2022 telah diselenggarakan Visitasi Asesmen ISO/IEC 17025:2017 Lab Uji Pascapanen. Asesor yang bertugas dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yaitu Dra. Salmeiningsih (Lead Assessor) dan Hendri Sukma, S.T., M.T. (Technical Assessor). Asesmen dilakukan untuk ruang lingkup pengujian Mesin Pengering.

Foto bersama asesor

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Dekanat FTP UGM,  Ketua Unit Manajemen Mutu (UMM) FTP UGM yang diwakili oleh Hilaria Lestari Budiningsih, A.Md., personil Lab Uji Pascapanen, dan aseor dari KAN. Dekan FTP UGM Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc. memberikan sambutan dan menyatakan komitmen dukungan penuh dalam keberlangsungan Lab Uji Pascapanen FTP UGM. Setelah itu, dilakukan kegiatan kunjungan singkat ke laboratorium untuk mengecek fasilitas dan kondisi lingkungan. Kemudian dilanjutkan asesmen Sistem Manajemen oleh Dra. Salmeiningsih kepada Manajer Puncak (Dr. Sri Rahayoe, STP., M.P.) dan Manajer Mutu (Siti Mariyam, S.T.P., M.Sc), serta asesmen teknis oleh Hendri Sukma, S.T., M.T. kepada tim penguji dan penyelia (Dr. Joko Nugroho WK. STP., M.Eng., Dr. Ir. Nursigit Bintoro, M.Sc., Dr. Devi Yuni Susanti, STP., M.Sc., Hanim Zuhrotul Amanah, STP., M.P., Ph.D., Arifin Dwi Saputro, STP., M.Sc., Ph.D., Bayu Nugraha, S.T.P., M.Sc., Ph.D., Redika Ardi K, S.T.P., M.Si). Semua dokumen implementasi didokumentasikan dan disimpan oleh Manajer Administrasi (Musyrifah Kurniawati, A.Md). Asesmen aspek manajemen dan teknis dilanjutkan pada hari ke-dua, Jumat, 24 Juni 2022, dan dilanjutkan penutupan pada pukul 14.30 WIB. Dari hasil asesmen ini ada temuan kategori minor dan observasi.

Penjelasan Teknik Pengujian oleh Personel Penguji Lab Uji Pascapanen FTP UGM

Laboratorium Uji Pascapanen yang merupakan Lab uji berdasarkan SK MEN-TAN No. 05/Permentan/OT.140/1/2007 memiliki kekuatan hukum untuk melaksanakan tugasnya dalam bidang pengujian sampel yang berupa segala macam peralatan pengering (dryer) hasil-hasil pertanian serta produk turunannya. Laboratorium Uji Pascapanen mendapat limpahan tugas untuk melakukan pengujian alat dan mesin pertanian untuk jenis alat dryer, corn sheller, rice milling unit dan thresher.
Laboratorium uji dapat diakui jika sudah ada akreditasi oleh lembaga yang berwenang. Akreditasi laboratorium menunjukkan bahwa laboratorium tersebut memiliki kualitas yang baik, kompeten dan terpercaya. ISO/IEC 17025:2017 (General Requirement for The Competence Of Testing And Calibration Laboratory) merupakan Persyaratan Umum Kompetensi Untuk Laboratorium Penguji. Standar ini adalah referensi internasional bagi laboratorium yang melakukan kegiatan kalibrasi dan pengujian di seluruh dunia. Lembaga akreditasi di Indonesia yang bertugas melakukan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Proses asesmen Sistem Manajemen Laboratorium oleh Asesor KAN


Penerapan/pengembangan Sistem Manajemen Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 di Lab Uji FTP UGM, difokuskan pada layanan pengujian sampel untuk memastikan tercapainya persyaratan pelanggan dan keabsahan hasil pengujian. ISO/IEC 17025:2017 membantu laboratorium menerapkan sistem mutu dan menunjukkan bahwa secara teknis kompeten dan mampu menghasilkan data yang valid dan dapat diandalkan. Maka dari itu, Laboratorium Uji Pascapanen harus terakreditasi ISO/IEC 17025:2017 agar dapat diakui sebagai laboratorium penguji pada tingkat nasional dan internasional. 


Kontributor:
Siti Mariyam dan Redika Ardi Kusuma

[:en]

Kamis-Jumat, 23-24 Juni 2022 telah diselenggarakan Visitasi Asesmen ISO/IEC 17025:2017 Lab Uji Pascapanen. Asesor yang bertugas dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) yaitu Dra. Salmeiningsih (Lead Assessor) dan Hendri Sukma, S.T., M.T. (Technical Assessor). Asesmen dilakukan untuk ruang lingkup pengujian Mesin Pengering.

Foto bersama asesor


Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Dekanat FTP UGM, Quality Management Representative (QMR) FTP UGM yang diwakili oleh Hilaria Lestari Budiningsih, A.Md., personil Lab Uji Pascapanen, dan aseor dari KAN. Dekan FTP UGM Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani, M.Sc. memberikan sambutan dan menyatakan komitmen dukungan penuh dalam keberlangsungan Lab Uji Pascapanenn FTP UGM. Setelah itu, dilakukan kegiatan kunjungan singkat ke laboratorium untuk mengecek fasilitas dan kondisi lingkungan. Kemudian dilanjutkan asesmen Sistem Manajemen oleh Dra. Salmeiningsih kepada Manajer Puncak (Dr. Sri Rahayoe, STP., M.P.) dan Manajer Mutu (Siti Mariyam, S.T.P., M.Sc), serta asesmen teknis oleh Hendri Sukma, S.T., M.T. kepada tim penguji dan penyelia (Dr. Joko Nugroho WK, Dr. Ir. Nursigit Bintoro, M.Sc., Dr. Devi Yuni Susanti, Hanim Zuhrotul Amanah, Ph.D., Arifin Dwi Saputro, Ph.D., Bayu Nugraha, Ph.D., Redika Ardi K, M.Sc). Semua dokumen implementasi didokumentasikan dan disimpan oleh Manajer Administrasi (Musyrifah Kurniawati, A.Md). Asesmen aspek manajemen dan teknis dilanjutkan pada hari ke-dua, Jumat, 24 Juni 2022, dan dilanjutkan penutupan pada pukul 14.30 WIB. Dari hasil asesmen ini ada temuan kategori minor dan observasi.

Penjelasan Teknik Pengujian oleh Personel Penguji Lab Uji Pascapanen FTP UGM


Laboratorium Uji Pascapanen yang merupakan Lab uji berdasarkan SK MEN-TAN No. 05/Permentan/OT.140/1/2007 memiliki kekuatan hukum untuk melaksanakan tugasnya dalam bidang pengujian sampel yang berupa segala macam peralatan pengering (dryer) hasil-hasil pertanian beserta produk turunannya. Laboratorium Uji Pascapanen mendapat limpahan tugas untuk melakukan pengujian alat dan mesin pertanian untuk jenis alat dryer, corn sheller, rice milling unit dan thresher.
Laboratorium uji dapat diakui jika sudah ada akreditasi oleh lembaga yang berwenang. Akreditasi laboratorium menunjukkan bahwa laboratorium tersebut memiliki kulaitas yang baik, kompeten dan terpercaya. ISO/IEC 17025:2017 (General Requirement for The Competence Of Testing And Calibration Laboratory) merupakan Persyaratan Umum Kompetensi Untuk Laboratorium Penguji. Standar ini adalah referensi internasional bagi laboratorium yang melakukan kegiatan kalibrasi dan pengujian di seluruh dunia. Lembaga akreditasi di Indonesia yang bertugas melakukan akreditasi ISO/IEC 17025:2017 adalah Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Proses asesmen Sistem Manajemen Laboratorium oleh Asesor KAN


Penerapan/pengembangan Sistem Manajemen Laboratorium SNI ISO/IEC 17025:2017 di Lab Uji FTP UGM, difokuskan pada layanan pengujian sampel untuk memastikan tercapainya persyaratan pelanggan dan keabsahan hasil pengujian. ISO/IEC 17025:2017 membantu laboratorium menerapkan sistem mutu dan menunjukkan bahwa secara teknis kompeten dan mampu menghasilkan data yang valid dan dapat diandalkan. Maka dari itu, Laboratorium Uji Pascapanen harus terakreditasi ISO/IEC 17025:2017 agar dapat diakui sebagai laboratorium penguji pada tingkat nasional dan internasional. Tujuan kegiatan ini yaitu melaksanakan akreditasi sistem manajemen mutu sesuai ISO/IEC 17025:2017, dalam rangka memperoleh status akreditasi dari KAN dengan ruang lingkup mesin pengering.

Kontributor:
Siti Mariyam dan Redika Ardi Kusuma

[:]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.