Arsip:

2008

Kunjungan Industri Mahasiwa Teknik Pertanian UGM Angkt 2006

Sebanyak 50 mahasiswa Teknik Pertanian angkatan 2006 melakukan kunjungan industri pada tanggal 24 dan 25 November 2008. Pabrik Pengolahan Susu Ultrajaya dan PTPN VIII Ciater menjadi lokasi kunjungan kegiatan kali ini.

Pabrik Susu Ultrajaya ini merupakan perusahaan pengolahan minuman susu, teh dan jus buah. Mahasiswa tertarik dengan proses pengolahan minuman dengan teknik HTST (High Temperature Short Time). Pak Aswar yang menemui rombongan mahasiswa mengatakan bahwa perusahaan ini menampung susu dari jawa barat jawa tengan dan jawa timur.

KP4 menyelenggarakan Pelatihan Pembuatan KOMPOS

Pengembangan Pertanian (KP4) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pembuatan kompos. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok petani, Danrem, Dosen dan Mahasiswa. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan kesadaran akan pentingnya pertanian organik, dengan mengembalikan kesuburan tanah dengan bahan  organik, sehingga mengurangi jumlah pupuk buatan yang selama ini harganya mahal dan sulit diperoleh.


Pengumuman Abstrak Yang lolos Seleksi pada Seminar Nasional Teknik Pertanian 2008

Setelah dilakukan seleksi terhadap abstrak yang masuk ke panitia seminar nasional Teknik Pertanian 2008, maka diputuskan untuk menerima dengan 2 kategori; yaitu:

  1. Diterima, untuk seminar: abstrak tersebut diterima dan bisa dipresentasikan.

  2. Diterima, untuk poster: abtrak diterima, namun dipresentasikan dalam bentuk poster.

Lustrum Ke 9 Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Ceramah Ilmiah dari Ir. Tjahjo Oetomo, MM (pimpinan Bank Indonesia Yogyakarta/Alumni Teknik Pertanian, FTP UGM) menandai dimulainya  kegiatan dalam rangka lustrum ke 9 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada. Pidato yang berjudul Optimalisasi Pengembangan Agroindustri Sektor Pertanian dan Peran Fakultas Teknologi Pertanian-UGM dalam mendukung pengembangannya dibacakan pada pembukaan acara tersebut.

Wisuda UGM periode Agustus 2008

Andri Prima Nugroho berhasil lulus dengan predikat "Dengan Pujian", dengan Indeks prestasi 3,63 dan lama kelulusan 3 tahun 11 bulan. Sedangkan judul tugas akhirnya adalah Kajian model digester limbah cair tahu untuk produksi biogas berdasarkan waktu penguraian, di bawah bimbingan Dr. Ir. Sunarto Goenadi, DAA, Ir. Tri Purwadi, M.Eng dan Dr. Ir. Bambang Purwantana, M.Agr.