Kuliah Tamu Kewirausahaan tentang Proposal Bisnis bagi Mahasiswa Teknik Pertanian

[:id]Pada hari Selasa 24 April 2018, mahasiswa S-1 Teknik Pertanian FTP UGM mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang berkaitan dengan Proposal Bisnis. Dosen tamu untuk kesempatan tersebut adalah bapak Sutrisno Yulianto, STP, MM, Dirut PT Sahabat Akademika Indonesia, SAIN Learning & Consulting, yang merupakan alumni Teknik Pertanian (dulu Mekanisasi Pertanian) angkatan 1991.

Bapak Sutrisno, STP., MM menyampaikan kuliah

Pada kesempatan tersebut disampaikan materi tentang cara berpikir kreditor dan debitur, basic filosofi proposal bisnis, serta format proposal bisnis. Proposal bisnis yang dimaksud adalah proposal yang diajukan oleh calon wirausaha jika akan mengajukan pinjaman keuangan kepada bank, lembaga keuangan, atau investor. Menurut pak Sutrisno, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam mengajukan pinjaman keuangan adalah alasan kebutuhan kredit apakah untuk investasi, modal kerja atau konsumsi, kemudian character (kemauan bayar), capacity (kemampuan bayar), collateral (second way out), capital, dan conditions.

Suasana kuliah tamu
Tayangan materi kuliah Proposal Bisnis

 

Kontributor dan Foto: Rudiati Evi Masithoh[:en]Pada hari Selasa 24 April 2018, mahasiswa S-1 Teknik Pertanian FTP UGM mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru yang berkaitan dengan Proposal Bisnis. Dosen tamu untuk kesempatan tersebut adalah bapak Sutrisno Yulianto, STP, MM, Dirut PT Sahabat Akademika Indonesia, SAIN Learning & Consulting, yang merupakan alumni Teknik Pertanian (dulu Mekanisasi Pertanian) angkatan 1991. Pada kesempatan tersebut disampaikan materi tentang cara berpikir kreditor dan debitur, basic filosofi proposal bisnis, serta format proposal bisnis. Proposal bisnis yang dimaksud adalah proposal yang diajukan oleh calon wirausaha jika akan mengajukan pinjaman keuangan kepada bank, lembaga keuangan, atau investor. Menurut pak Sutrisno, faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam mengajukan pinjaman keuangan adalah alasan kebutuhan kredit apakah untuk investasi, modal kerja atau konsumsi, kemudian character (kemauan bayar), capacity (kemampuan bayar), collateral (second way out), capital, dan conditions.[:]

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.