Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem UGM Mengundang PT Epson Indonesia untuk Memperkenalkan Aplikasi Robotic dalam Industri Pertanian

Kamis, 3 Desember 2020, Departemen Teknik pertanian mengundang PT. Epson Indonesia untuk memberikan gambaran dari aplikasi robot dalam dunia industry pertanian. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dalam bentuk webinar dengan materi terkait industrial robotic application. Pembicara dari Webinar ini adalah Bpk. Rudyanto Sudarman, team leader of robotic solution BU. Adapun untuk peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini adalah mahasiswa tingkat akhir yang mengambil mata kuliah Otomasi dalam biosistem. Webinar berlangsung dari pukul 09.00 sampai 11.00 melalui media google meet.

Profil Dosen Tamu Rudyanto Sudarman

Dalam webinar ini, pt. Epson Indonesia banyak memaparkan terkait produk-produk robot yang sudah dikomersialkan secara umum. Secara umum pengembangan robot lengan di industry pertanian di inonesia masih berupa untuk palikasi packaging dan pergudangan. Adapun untuk on-farm, pengembangan robot pertanian masih dalam tahap riset terutama untuk robot pemanen dengan parameter warna serta robot untuk tracking pupuk dengan konsep precision farming. Pengembangan robot on-farm untuk pertanian sangat challenging dan kesempatan Indonesia sebagai leading sector dalam pengembangan robot pertanian masih terbuka karena case problem pertanian di Indonesia yang sangat beragam.

Suasana kuliah tamu secara daring

Kedepannya, dengan kurikulum yang mengakomodasi konsep capstone design, PT. Epson Indonesia menyambut baik rencana kerjasama antara Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem dengan PT. Epson Indonesia dalam riset pengembangan robot Pertanian baik melalui program Internship maupun kerja praktek dan skema riset lainnya. Harapannya, dengan kolaborasi antara PT. Epson Indonesia dengan Departemen Teknik Pertanian dapat dikembangkan robot-robot pertanian yang dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi pertanian.

 

Kontributor: Makbul Hajad

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.